SOLOPOS.COM - Hindari minum sembarang obat-obatan untuk terapi Covid-19. (Ilustrasi/Freepik)

Solopos.com, BANTUL – Sejumlah pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) di Bantul dipastikan mulai mendapatkan paket obat Covid-19 gratis berupa vitamin dan obat-obatan untuk warga yang menjalani isolasi mandiri (isoman).

Adapun penyaluran paket obat Covid-19 ke pasien yang isoman dilakukan oleh para tentara Bintara Pembinaan Desa (Babinsa).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Bantul Sri Wahyu Joko Santosa mengatakan penyaluran paket obat Covid-19 gratis sudah mulai beberapa hari lalu. Selain melibatkan puskesmas dalam hal pendataan, pembagian obat juga langsung dilakukan oleh Babinsa.

“Sudah. Obat untuk pasien isoman dari program TNI sudah berjalan beberapa waktu lalu. Yang membagikan anggota TNI dengan data dari puskesmas,” kata pria yang akrab dipanggil Oki ini, Jumat (23/7/2021).

Baca juga: Sip! 3.500 Pedagang Pasar Tradisional Tervaksinasi

Mengenai berapa banyak paket yang dibagikan, Oki enggan merinci jumlahnya. Ia hanya membenarkan jika ada obat Covid-19 paket 2 dan paket 3 sudah mulai disalurkan di Bantul. Obat paket 2 yaitu vitamin dan obat untuk isoman dengan keluhan demam dan kehilangan penciuman. Sedangkan paket 3 berisi vitamin dan obat untuk isoman yang panas dan batuk kering.

Sementara terkait dengan pembagian obat Covid-19 gratis dari Pemda DIY, Oki mengaku sampai saat ini belum mengetahui. Kendati demikian, penyaluran melalui para Babinsa ini bisa diaplikasikan untuk pembagian obat Covid-19 dari Pemda DIY. “Yang jelas puskesmas mempunyai sistem masing-masing dalam membagi obat,” jelasnya.

Baca juga: Revitalisasi Pedestrian Jl. Jenderal Sudirman Kota Jogja Segera Dimulai

Obat Covid-19 Di Bantul

Terpisah Kepala Puskesmas Pleret Erni Rochmawati mengatakan ada 500 pasien Covid-19 di wilayahnya yang menjalani isoman. Sejumlah langkah juga telah dilakukan untuk penanganan pasien Covid-19 yang menjalani isoman. Salah satunya adalah mendiagnosa kondisi pasien Covid-19 yang menjalani isoman di Bantul sebelum nantinya mendapatkan obat Covid-19 gratis.

“Ini sudah kami lakukan. Termasuk distribusi obat. Kebetulan kami juga mendapatkan tambahan obat dari TNI. Ada total 18 paket yang terdiri dari 9 paket yang dibungkus warna hijau dan 19 paket dibungkus dengan warna orange. Untuk warga yang isoman dan tidak mendapatkan paket, tetap kami usahakan untuk mendapatkan obat,” ucapnya.

Sebagaimana diketahui, Presiden Jokowi telah meminta TNI untuk mendistribusikan paket obat gratis kepada pasien Covid-19 yang sedang menjalani isoman. Ada tiga paket obat Covid-19 yang disalurkan dan pasokan diatur oleh Kementrian BUMN termasuk di Kabupaten Bantul.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya