SOLOPOS.COM - Ilustrasi mudik. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Perjalanan pulang menuju kampung halaman tidak selalu mudah terutama bila terkena macet berjam-jam, lalu bagaimana tips sehat bagi para pemudik saat tiba di kampung halaman? Simak ulasannya di tips sehat kali ini.

Padahal di kampung halaman ada banyak agenda kegiatan menanti, misalnya silaturahmi ke rumah para sanak kerabat. Tentu ini membutuhkan fisik prima.

Promosi BRI Bantu Usaha Kue Kering di Sidoarjo Berkembang Kian Pesat saat Lebaran

Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Prof Tjandra Yoga Aditama membagikan tips sehat bagi para pemudik saat tiba di kampung halaman hingga merayakan Hari Raya Idulfitri nanti.

Pertama, para pemudik yang baru tiba di kampung halaman terutama sesudah berjam-jam perjalanan, disarankan beristirahat dulu sebelum melakukan kegiatan lain di kampung halaman.

Baca Juga: Catatan Arus Mudik: Banyak Kendaraan Berhenti di Bahu Jalan Tol

“Jangan begitu tiba langsung jalan-jalan, kan akan masih ada beberapa hari di kampung halaman, istirahat agar segar dulu dan baru beraktivitas,” kata dia seperti dikutip dari Antara, Sabtu (30/4/2022).

Profesor Tjandra mengingatkan, walaupun sebagian orang sudah dua tahun tidak mudik, tetaplah melakukan aktivitas dengan seimbang sehingga tidak melakukan kegiatan yang membuat lelah berlebihan. Selain itu, perhatikan waktu tidur agar tetap terjaga baik dan hindari bergadang berkepanjangan karena sudah lama tidak ketemu teman dan kerabat.

Selanjutnya, mereka yang mempunyai penyakit tertentu dan harus mengonsumsi obat rutin maka ingatlah jadwal minum obat sesuai aturan dokter. Di sisi lain, bila selama di kampung halaman mengalami keluhan kesehatan maka segeralah berkonsultasi ke petugas kesehatan terdekat.

“Ingat, para pemudik akan menjalani arus balik yang bukan tidak mungkin akan padat dan melelahkan pula, yang membutuhkan fisik yang baik,” kata dia.

Baca Juga: Harga Tiket Mudik Kereta Api Naik? Cek Link dan Penjelasan PT KAI

Saat Lebaran tiba, masyarakat perlu tetap menggunakan masker saat melaksanakan Salat Idulfitri. “Salat memang baik kalau di lakukan di lapangan terbuka dan kalau di dalam masjid akan baik kalau jendela dan pintu dibuka lebar-lebar agar ventilasi terjaga baik,” ujar Profesor Tjandra.

Tips sehat berikutnya bagi pemudik saat tiba di kampung halaman yakni tidak menjadikan hari Lebaran dan hari-hari sesudahnya sebagai ajang balas dendam setelah sebulan berpuasa. Dia mengingatkan masyarakat tidak makan berlebihan karena bisa berdampak buruk untuk kesehatan.

Merujuk pada panduan Isi Piringku dari Kementerian Kesehatan, maka pengaturan porsi makan yang disarankan yakni setengah piring diisi sayuran dan buah, seperempat piring berisi nasi atau sejenisnya semisal jagung, gandum dan lainnya, serta seperempat sisanya diisi dengan protein.

Baca Juga: Relawan Gabungan Dirikan Posko Mudik di Perempatan Delanggu

Kemudian, bagi masyarakat yang ingin berwisata sebaiknya mengantisipasi terjadinya keramaian di objek-objek wisata ataupun pusat perbelanjaan.

“Untuk ini akan baik kalau mungkin memilih waktu yang tidak sedang puncak-puncaknya penuh, juga tetap tetap memakai masker, rajin mencuci tangan serta sedapat mungkin menjaga jarak di dalam kerumunan,” demikian saran Direktur Pasca Sarjana Universitas YARSI itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya