SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA – Bukan cerita baru bahwa menggunakan lensa kontak dalam jangka waktu yang lama dapat mempengaruhi kesehatan mata. Tak hanya menyebabkan infeksi yang serius, penggunaan lensa kontak yang terlalu lama juga dapat sebabkan kebutaan.

Lensa kontak sebetulnya tidak berbahaya dan aman apabila digunakan sesuai dengan aturan pakai yang tepat. Penggunaan lensa kontak menjadi berbahaya ketika lensa yang ditempelkan pada bola mata tersebut digunakan sepanjang hari, bahkan ketika tidur.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menggunakan lensa kontak saat tidur dapat menyebabkan seseorang mengalami kehilangan penglihatan secara permanen. Laporan Web MD menyebutkan bahwa penggunaan lensa kontak selama 3-4 hari tanpa henti berpotensi menyebabkan infeksi serius pada kornea sehingga dapat memicu kebutaan. Hal ini telah terbukti pada beberapa kasus di Amerika Serikat.

Kasus lain, seorang remaja perempuan mengalami kerusakan kornea setelah menggunakan lensa kontak yang tidak diresepkan oleh dokter sepanjang hari hingga tidur. 

Pernah juga, seorang pria paruh baya hampir kehilangan penglihatannya setelah menggunakan lensa kontak nonstop selama dua minggu.

Dalam kasus ini, harus dilakukan transplantasi kornea karena terjadinya infeksi bakteri yang serius.

Profesor ophtalmologi dari Johns Hopkins University di Baltimore Amerika Serikat (AS) Oliver Schein mengatakan bahwa risiko infeksi kornea akibat penggunaan lensa kontak yang terlalu lama memang sudah terbukti bertahun-tahun.

Itulah sebabnya penggunaan lensa kontak harus dilakukan dengan aturan pakai yang tepat. Jangan pernah gunakan lensa kontak sampai hari berlalu, apalagi hingga dibawa tidur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya