Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Pakai Pertamax Turbo, Tarikan Mobil Lebih Enteng

Masyarakat dituntut turut andil mengurangi polusi udara, seperti dengan menggunakan bahan bakar minyak (BBM) kendaraan yang ramah lingkungan.
SHARE
Pakai Pertamax Turbo, Tarikan Mobil Lebih Enteng
SOLOPOS.COM - Petugas SPBU di Surabaya, mengisi BBM Pertamax Turbo ke kendaraan Tim Ekspedisi Energi 2022 wilayah timur, Selasa (21/6/2022).

Solopos.com, SURABAYA–Isu lingkungan selalu menjadi perhatian berbagai pihak. Salah satunya mengenai polusi udara. Masyarakat dituntut turut andil mengurangi polusi udara, seperti dengan menggunakan bahan bakar minyak (BBM) kendaraan yang ramah lingkungan.

Salah satu BBM ramah lingkungan yang bisa menjadi piihan adalah Pertamax Turbo dari Pertamina. Selain rendah karbon, BBM jenis itu disebut mampu meningkatkan performa kendaraan. Apakah betul demikian?

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

Pada kegiatan Ekspedisi Energi 2022 ini, tim timur menjajal produk tersebut. Ekspedisi Energi 2022 merupakan program yang digelar Solopos Media Group (SMG) dan didukung PT Adaro Energy Indonesia Tbk, SUN Energy, PT SHA Solo, Pertamina Patra Niaga, PT Geo Dipa Energi, Hyundai, PT Pertamina EP Asset 4 Poleng Field, PT Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore (PHE WMO), Pembangkitan Jawa Bali (PJB), SKK Migas Jabanusa, dan Dinas ESDM Jawa Tengah.

Mengambil tema Inovasi Energi untuk Percepatan Pemulihan Ekonomi, ekspedisi salah satunya menggali informasi berbagai hal terkait sektor energi di Indonesia yang terus bertransformasi beberapa tahun terakhir.

Tim timur mengambil rute dari Solo menuju sejumlah destinasi di Jawa Timur, seperti Surabaya danBangkalan. Tim yang terdiri atas empat orang, menjelajahi lokasi ekspedisi menggunakan Hyundai Creta, produk terbaru Hyundai yang dibekali mesin Smartstream 1.5L dengan sistem Intelligent Variable Transmission (IVT).

Baca Juga: BBM akan Kena Cukai? Harga Jadi Naik? Ini Jawaban Pertamina

Dalam perjalanan ke Bangkalan, kami mengisi BBM Pertamax Turbo untuk kendaraan yang ditumpangi tim. Dari sisi harga, produk ini lebih tinggi daripada Pertamax. Pertamax Turbo Rp14.500/liter, sedangkan Pertamax Rp12.500/liter.

Informasi yang diperoleh tim, Pertamax Turbo memiliki berbagai keunggulan, bahkan mampu menunjang performa mesin lebih baik. Berdasarkan data dari website mypertamina.id, Pertamax Turbo merupakan bahan bakar dengan RON 98 dan kandungan sulfur di bawah 50 ppm memenuhi standar EURO 4.

Selian itu, dilengkapi formula PERTATEC (Pertamina Technology) dan Ignition Boost Formula. Sebuah formula yang dirancang untuk menjaga mesin dari karat, membuat mesin lebih tahan lama, pemakaian bahan bakar yang lebih efisien, juga meningkatkan akselerasi kendaraan. Bahkan, Pertamax Turbo mampu mendukung kelincahan kendaraan, membuat mesin lebih bertenaga, serta mendukung perbaikan kualitas udara.

Setelah mengisi kendaraan dengan Pertamax Turbo, di salah satu SPBU di Surabaya, pada Selasa (21/6/2022) malam, tim melanjutkan ekspedisi ke Taman Wisata Laut (TWL) Labuhan,  Bangkalan, lokasi pengembangan wisata hasil program tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) PHE WMO, Rabu (22/6/2022). Perjalanan dari Surabaya memakan waktu sekitar dua jam.

Baca Juga: Kapan Beli Pertalite Pakai MyPertamina Berlaku, Ini Jawaban Pertamina

Anggota tim, Najmuddin Fadhil, 28, mendapatkan pengalaman berbeda saat mengemudikan Hyundai Creta menggunakan Pertamax Turbo.

“Tarikan mesin lebih enteng kalau dibandingkan dengan kendaraan yang pernah saya kemudikan. Bahkan, bahan bakar sepertinya juga lebih irit kerana pembakaran lebih bagus mengingat RON-nya lebih tinggi daripada Pertamax, apalagi Pertalite. Kalau dibandingkan Pertamax, efisiensinya tidak beda jauh. Tapi kalau dibandingkan Pertalite tentu jauh [Pertamax Turbo lebih efisien],” kata dia yang sempat memegang kemudi dalam perjalanan.

Baca Juga: Ekspedisi Energi 2022 Dimulai, 2 Tim Siap Potret Inovasi Energi

Dia mengatakan suara mesin selama perjalanan terasa lebih halus. Begitu juga dengan getarannya.

Anggota tim lain, Martoyo, juga menceritakan pengalamannya menggunakan Pertamax Turbo. “Menggunakan Pertamax Turbo ini yang jelas tarikan mobil enteng. Nyaman-nyaman saja,” kata dia.

Ekspedisi Energi 2022



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode