SOLOPOS.COM - Ilustrasi vaksinasi pelajar. (Solopos-Bayu Jatmiko Adi)

Solopos.com, SOLO — Pemerintah Kota (Pemkot) Solo bersiap mengebut pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun apabila pemerintah pusat sudah memberi lampu hijau. Pada Senin (1/11/2021), Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah menyetujui penggunaan vaksin Sinovac, baik itu CoronaVac dan vaksin Covid-19 Bio Farma, untuk digunakan pada anak usia 6-11 tahun.

Dari uji klinis yang telah dilakukan, vaksin Sinovac terbukti manjur dan aman bagi anak berusia 6-11 tahun. Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menyambut positif kabar tersebut.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Vaksin untuk anak usia 6-11 tahun nanti ya sama. Tetap dikebut kalau dapat instruksi langsung dikebut lagi. Harapannya, adik-adik yang usia SD lebih aman saat bersekolah. Kami menunggu perintah dan kiriman vaksin juga,” katanya kepada wartawan, Selasa (2/11/2021).

Baca Juga: Seleksi CPNS Solo: 318 Pelamar Lolos SKD, 12 Lowongan Kosong

Gibran menyebut pelaksanaan vaksinasi bagi anak di rentang usia itu tetap menggunakan data sekolah di Kota Solo. Artinya, Dinas Kesehatan Kota (DKK) mengatur lokasi vaksin dan jumlah sasaran. Sementara Dinas Pendidikan (Disdik) menyuplai data anak penerima vaksin.

Data berbasis sekolah dipilih agar sekolah yang bersangkutan mengetahui mana anak yang sudah divaksin maupun sebaliknya. Penggunaan data sekolah juga lebih mudah dibandingkan mendata dari rumah ke rumah.

Penyuntikan di Sekolah

“Nanti koordinasi dengan Disdik, disamakan seperti vaksinasi anak 12 tahun ke atas. Rencananya, mereka dipanggil ke sekolah, kemudian vaksinasinya juga dilakukan di sekolah,” jelasnya.

Baca Juga: Rektor UNS Solo Apresiasi Komitmen Mahasiswa Kawal Kasus Diklat Menwa

Kepala Disdik Solo, Etty Retnowati, mengatakan pihaknya sudah meminta sekolah mendata siswanya yang memenuhi syarat ikut vaksinasi Covid-19. “Kami masih menunggu. Belum ada informasi lain. Sabar, karena informasi [vaksin untuk anak usia 6-11 tahun] baru dari media,” katanya melalui Whatsapp, Selasa sore.

Sekretaris Disdik Kota Solo, Dwi Ariyatno, menyebut jumlah anak usia 6-11 tahun mencapai puluhan ribu orang. Sementara data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Solo, angkanya sekitar 50.000.

Mereka tak hanya berasal dari SD, tapi juga PAUD dan TK. Apabila vaksinasi tak dilakukan di fasilitas layanan kesehatan (fasyankes), maka harus ada pembentukan tim pelaksanaan vaksinasi di sekolah. “Vaksinasi untuk usia 12 tahun ke atas kan di rumah sakit, kondisi lingkungan berpengaruh, jadi biar disiapkan di sekolah saja. Prosesnya dijadwal rombongan kecil satu sekolah,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya