SOLOPOS.COM - Contoh produk Enock Craft Hand Made Accesories. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Berawal dari hobi memadupadankan busana, Eniek Eka Yuniarti, 37, merintis usaha kerajinan tangan (handmade) berbagai produk aksesori untuk perempuan dengan brand Enock Craft Hand Made Accesories pada Juli 2018.

Produk kerajinan tangan karya Eniek seperti kalung, gelang, bros, anting, hiasan kepala, kalung masker, dan konektor masker. Berbagai produk buatan Eniek menggunakan dengan bahan-bahan kualitas premium.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Saat diwawancarai  Solopos.com melalui ponsel, Selasa (24/8/2021), ia menjelaskan usahanya hanya melayani pembelian secara online. “Berbagai produk kami bisa dilihat di media sosial Instagram, Youtube, Facebook, dan Tik Tok dengan nama Enock Craft. Semua ada di situ,” ujarnya.

Baca Juga: Bandeng Presto Bu Rita Boyolali, Pemasarannya Sudah ke Mancanegara

Warga Perumahan Permata Purbayan 2 Kavling 46 Purbayan, Baki, Sukoharjo, itu mengatakan produk kerajinan tangan buatan Enock Craft Hand Made mempunyai keunggulan. Yakni customize, unik, handmade, menggunakan bahan-bahan premium, serta ada layanan fashion styles.

“Value produk kami customize, unik, handmade sehingga lebih awet, memakai bahan-bahan premium, serta ada fashion styles yang bisa sesuai bujet dan lain-lain. Jadi ada sesi konsultasinya. Kami biasanya desain dulu, sebelum luncurkan produk,” katanya.

Kain Wastra Nusantara

Sejumlah bahan kerajinan tangan yang digunakan Eniek seperti kain wastra nusantara yang kental nuansa etnis, aneka jenis bebatuan dan mutiara. Eniek ingin mengenalkan budaya bangsa melalui produk-produk aksesori dengan bahan kain wastra nusantara.

Baca Juga: Cuma Belajar di Youtube, Pria Karanganyar Ini Sukses Terbangkan Kerajinan Bambu hingga AS dan India

Ia juga ingin bangsa ini semakin mencintai dan menggunakan produk lokal Tanah Air melalui berbagai aksesori produk kerajinan Enock Craft Hand Made. “Ketiga kami ingin mempercantik wanita Indonesia. Tagline kami serasikan busana anda dengan menggunakan produk aksesori Enock Craft,” urainya.

Setelah empat tahun berjuang, kini Eniek sudah mempunyai dua karyawan yang membantunya. Berbagai produknya juga sudah mulai menembus pasar ekspor di Belanda dan Thailand. Walau ia mengakui porsi ekspor Enock Craft masih dalam porsi minimalis.

Produk Dibuat Sesuai Karakter dan Acara

“Berdasarkan riset diketahui ternyata perempuan itu tidak ingin aksesorinya dikembari. Makanya kami buat produk customize, bisa dibuat sesuai dengan karakter dan acaranya. Produk kami juga selalu dibuat limited edition atau jumlah terbatas,” terangnya.

Baca Juga: Batik Tresno Dharma Karanganyar Unggulkan Desain Modern, Produknya Pernah Dibeli Orang Belgia Lho!

Poin lain riset, menurut Eniek, perempuan ingin tampil cantik dengan busananya bukan semata untuk menarik laki-laki. Tapi ada motif wanita tampil cantik agar lebih menarik dari wanita lain. Dua poin tersebut mendasari berbagai produk kerajinan dari Enock Craft Hand Made.

“Kami juga berkomitmen untuk membantu wanita-wanita Indonesia agar bisa membuka lahan pekerjaan bagi wanita lainnya. Kami sudah secara rutin menggelar workshop keterampilan atau kerajinan tangan bagi wanita-wanita Indonesia,” sambung peserta UMKM Expo 2021 yang digelar Solopos Media Group bersama Bank Indonesia itu.

Eniek mengaku mengikuti UMKM Expo 2021 agar Enock Craft lebih banyak dikenal dan dicintai masyarakat. Selain itu agar Enock Craft bisa go international dan ekspor, serta meningkatkan traffic penjualan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya