SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Pajak DIY untuk PPh mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya.

Harianjogja.com, SLEMAN-Capaian penerimaan Pajak Penghasilan (PPh) Perorangan yang tercatat di Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menunjukkan pertumbuhan yang menggembirakan. Dibanding tahun 2014, pertumbuhannya mencapai 178,67% atau senilai Rp95 miliar.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Kanwil DJP DIY Rudy Gunawan Bastari mengatakan capaian tersebut sungguh membanggakan mengingat penerimaan PPh Perorangan pada 2014 hanya Rp33 miliar.

Kenaikan persentase penerimaan juga terjadi pada PPh Badan yang mencapai 25,70%. Tahun 2014 hanya Rp257 miliar, hingga Rabu (30/12/2015) pagi sudah mencapai Rp324 miliar.

“PPh finalnya tumbuh 29,53 persen. Dari Rp682 miliar menjadi Rp884 miliar,” kata Rudy pada Harian Jogja di ruangannya, Rabu.

Pertumbuhan yang signifikan juga terjadi pada Pajak Penambahan Nilai (PPN). Secara keseluruhan, realisasi penerimaan PPN 2015 sebesar Rp1,187 triliun, naik 27,51% dari tahun sebelumnya sebesar Rp931. Adapun rincian PPN-nya, lanjut Rudy, berasal dari PPN Dalam Negeri sebesar Rp1,143 triliun dan PPN Impor sebesar Rp42 miliar.

Secara keseluruhan, realisasi penerimaan sampai Rabu sebesar Rp3,743 triliun dari target penerimaan Kanwil DJP DIY tahun 2015 sebesar Rp4,514 triliun. Besaran penerimaan ini menempatkan DJP DIY dalam posisi tiga besar secara nasional. Sementara pada tahun lalu berada di posisi 23 besar nasional.

Meski perubahan angka akan terus bergerak selama dua hari ini tapi ia optimistis penerimaan pajak untuk DIY menempati rangking lima besar.”Jika dibandingkan target nasional hari ini sebesar 77,97%, DIY sudah berada di posisi 82,91 persen dari target 85 persen,” ungkapnya.

Ia berharap sisa waktu Rabu dan Kamis ini, para wajib pajak memiliki kesadaran untuk menuntaskan kewajibannya. Ia optimistis bisa mencapai target penerimaan 85% pada sisa waktu dua hari ini karena sistem di BPD sempat down beberapa waktu lalu.

Peningkatan pertumbuhan pajak di DIY tak serta merta terjadi begitu saja. DJP DIY selama ini telah melakukan berbagai upaya pendekatan terhadap Wajib Pajak (WP) untuk meningkatkan kesadaran mereka untuk memenuhi kewajibannya. Hingga saat ini setidaknya ada lebih dari 500.000 WP yang tersebar di lima kabupaten/kota di DIY.

Kepala Bidang Penyuluhan Pelayanan dan Humas (P2Humas) Kanwil DJP DIY Ayu Norita Wuryansari mengatakan salah satu faktor peningkatan pertumbuhan pajak dikarenakan peran data yang terus diupdate. Selain itu ada kegiatan pemeriksaan uji kepatuhan, penagihan aktif, hingga penyanderaan.

“Kita juga kerjasama dengan Kadin, PHRI, dan perbankan, kegiatan panutan penyampaian SPT tahunan, juga ke universitas,” kata Ayu. Selain itu ada wajib pajak yang dinobatkan sebagai WP inspirator. Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran para WP lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya