SOLOPOS.COM - Pahami nyala lampu orange pada motor injeksi. (Gridoto.com)

Solopos.com, SOLO — Sepeda motor saat ini telah dilengkapi teknologi canggih dibandingkan produk sebelumnya, salah satunya sepeda motor injeksi untuk sistem pembakaran di mesin.

Teknologi injeksi digunakan dalam mesin motor untuk mencampur bahan bakar minyak (BBM) dengan udara sebelum dibakar dalam mesin.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dikutip dari Motorplus.online.com, penggunaan injeksi akan meningkatkan tenaga mesin bila dibandingkan dengan penggunaan karburator, karena injektor membuat bahan bakar tercampur secara homogen

Perlakuan sepeda motor dengan teknologi injeksi dalam sistem pembakaran bahan bakar di mesin juga berbeda dengan motor yang menggunakan karburator.

Salah satunya ketika Anda hendak menyalakan mesin, tidak bisa langsung putar kunci kontak kemudian langsung starter motor.

Baca juga: Apa Itu Bumel, Kok Dipakai Untuk Menggambarkan Bus

Karena seperti dikutip dari Suzuki.co.id, dalam panel instrumen motor injeksi, Anda bisa menemukan beberapa lampu indikator, speedometer, indikator bahan bakar.

Hingga sebuah lampu yang berwarna orange. Lampu ini (orange) biasanya akan langsung menyala saat kunci kontak di putar ke posisi ON, sambil diikuti dengan suara “ngeeng…!”.

Namun, perlu diketahui bahwa itu bukan lampu sembarangan. Lampu orange berfungsi untuk membantu Anda mendeteksi apakah komponen injeksi dalam motor Anda baik-baik saja atau tidak.

Jika komponen motor injeksi dalam masalah, biasanya lampu ini akan memberikan kode tertentu berupa kedipan atau justru lampunya tidak mau mati.

Baca juga: Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor Online Ternyata Mudah Sob

Durasi dan jumlah kedipan lampu ini berbeda sesuai dengan jenis kerusakan dan produk sepeda motornya. Jika muncul 7 kedipan kemungkinan bagian Engine Oli Temperatura atau Engine Coolent Temperature bermasalah.

Sedangkan jika 8 kedipan yang muncul, bisa jadi masalahnya datang dari sensor Throttle Position.
Namun, apabila komponen motor injeksi masih normal, lampu ini hanya akan menyala sebentar, kemudian mati.

Nah, saat lampu indikatir mati inilah Anda bisa mulai menghidupkan motor dengan menggunakan electric strater atau kick starter. Sebaiknya baca kembali buku panduan.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya