SOLOPOS.COM - Ilustrasi sedekah (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Beredar video lawas Ustaz Yusuf Mansur saat berceramah soal sedekah menjadi perbincangan netizen di media sosial baru-baru ini. Dia menyebut bahwa seseorang yang bersedekah akan mendapat balasan 10 kali lipat oleh Allah SWT.

Banyak netizen yang tidak sependapat dengan isi ceramah Yusuf Mansur. Apalagi dalam video lawas yang viral itu memperlihatkan Yusuf Mansur meminta dua jemaah menyedekahkan barang berharga lewat sang ustaz.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Benarkah pahala orang yang bersedekah akan dibalas hingga 10 kali lipat?

Baca Juga: Doa yang Dibaca Setelah Salat Tahajud

Dikutip dari laman resmi Nahdatul Ulama (NU), Kamis (16/12/2021), Nabi Muhammad SAW berusaha menawar kepada Allah SWT perkara pahala yang diberikan ke umatnya setelah berbuat baik. Salah satu contoh berbuat baik, seperti sedekah.

Nabi akhirnya berhasil mendapatkan janji pahala yang layak untuk umatnya setelah beberapa kali menawar. Janji pahala itu satu kebaikan, seperti sedekah, akan mendapat balasan 10 kali lipat, 700 kali lipat, bahkan bisa dilipatkangandakan sampai tak terhingga.

Seperti firman Allah SWT:

Man dzalladzii yuqridhu llaha qardzan hasana fa yu dzaa ‘ifahu lahu adz ‘aafan katsirah

Artinya, siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan melipatgandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. (QS. Al-Baqarah, 245).

Sedekah Apa yang Paling Baik?

Hadis di atas bersifat umum mengenai kapan orang yang bersedekah mendapatkan balasan yang dijanjikan. Balasan orang yang bersedekah dapat dibalas langsung saat masih hidup di dunia, di akhirat, atau keduanya, yakni di dunia dan akhirat.

Baca Juga: Rutin Melakukan Sedekah Subuh? Ini Keutamaannya

Suara Muhammadiyah menyampaikan sedekah yang memiliki nilai pahala lebih sehingga akan mendapatkan balasan 10 kali lipat harus dilakukan dengan beberapa cara. Pertama, bersedekah saat tubuh masih dalam keadaan sehat, memiliki banyak harta, dan menyegerakan atau tidak menunda-nunda.

Seorang pernah bertanya kepada Nabi. “Sedekah apakah yang paling baik?”

Maka, beliau bersabda. “Engkau bersedekah padahal dirimu dalam keadaan sehat, lagi pelit, khawatir dengan kemiskinan, berangan-angan untuk menjadi kaya, dan janganlah mengulur-ulurkan waktu pengeluarannya. Sehingga nyawa sampai kepada tenggorokan. Lalu pada saat itu engkau menyesal seraya berkata bagi si fulan segini, bagi si fulan segini. Dan harta itu sudah menjadi hak si fulan.” (HR. Muslim)

Baca Juga: Doa Agar Dijauhkan Dari Penyakit Ain yang Muncul dari Pandangan Mata

Cara yang kedua, yaitu bersedekah dengan hati yang ikhlas dan semata mengharapkan rida Allah SWT dan bukan berharap pujian manusia. Sedekah yang dilakukan karena ingin dipuji dan juga pamer maka mereka tak memperoleh apapun dari apa yang dikerjakan.

Itulah pahala dan kebaikan yang disukai Nabi Muhammad SAW, yakni bersedekah atau menafkahkan harta di jalan Allah SWT.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya