SOLOPOS.COM - Arus lalu lintas Simpang Tujuh Joglo, Banjarsari, Solo, padat pada hari pertama masuk sekolah, Senin (2/1/2023). (Solopos/Dhima Wahyu Sejati)

Solopos.com, SOLO — Jalanan Kota Solo padat pada pagi hari pertama masuk sekolah setelah libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), Senin (2/1/2023). 

Dari pantauan Solopos.com, jalan Solo-Purwodadi menuju Simpang Joglo padat pada pukul 06.00 WIB-07.30 WIB. Para pengendara motor dipenuhi orang tua yang mengantar anaknya sekolah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Meskipun ada pula sebagian siswa SMA yang naik kendaraan sendiri. Situasi ini menambah penumpukan kendaraan di Simpang Tujuh Joglo, Kecamatan Banjarsari, Solo.

Ditambah di wilayah tersebut terdapat proyek pembangunan rel layang yang masih dalam proses pengerjaan. Kepadatan arus lalu lintas pada hari pertama masuk sekolah juga terlihat di pertigaan Nusukan, tepatnya di Jl Kapten Piere Tendean, Solo.

Ekspedisi Mudik 2024

Selain dipadati para pengendara motor yang hendak ke sekolah, jalan juga dipenuhi para pengunjung Pasar Nusukan, Kecamatan Banjarsari, Solo.

Kepadatan lain terlihat di sekitar Terminal Tirtonadi Solo. Kendaraan tampak saling berdempetan dari arah Solo utara menuju pusat kota. 

Sedangkan di kawasan Kota Barat, banyak mobil yang memadati area tersebut. Kebanyakan kendaran roda empat yang sedang mengantarkan anaknya ke beberapa sekolah, seperti SD Muhammadiyah PK Kottabarat Solo, SMA Muhammadiyah PK Kottabarat Solo, SMA Al-Azhar Syfa Budi Solo, dan SDN Mangkubumen 16 Solo. 

Di sepanjang Jl Slamet Riyadi Solo menuju Gladak terpantau arus lalu lintas yang juga padat pada hari pertama masuk sekolah. Ditambah dengan moda transportasi umum bus Batik Solo Trans (BST) dan angkutan umum. 

Jalan utama itu merupakan tujuan beberapa siswa dari daerah maupun dari wilayah pinggir Kota Solo. Di sepanjang Jl Slamet Riyadi terdapat sejumlah sekolah seperti, MAN 2 Solo dan SMP PL Bintang Laut Solo.

Lalu di daerah Gladak menuju Pasar Gede volume kendaraan kian meningkat. Arus lalu lintas didominasi siswa sekolah yang ada di kawasan itu, seperti SMP Muhammadiyah 1 Solo. 

Kebanyakan sekolah memulai kegiatan dengan upacara bendera, yang nantinya dilanjutkan dengan kegiatan belajar mengajar (KBM). Volume kendaraan baru berangsur turun sekitar pukul 08.00-09.00 WIB.

Sesuai jadwal akademik, jadwal libur sekolah Natal dan Tahun Baru (Nataru) daerah Jawa Tengah berakhir tanggal 31 Desember 2022. Sedangkan hari ini, Senin (2/1/2023), merupakan hari pertama masuk sekolah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya