SOLOPOS.COM - Ilustrasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang mencatat pusat gempa (tanda bintang merah) yang mengakibatkan gempa bumi bermagnitudo 5,0 terjadi di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Senin dini hari (22/06/2020). (Antara-Tangkapan layar bmkg.go.id/pri)

Solopos.com, JAKARTA — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika memublikasikan informasi terjadinya gempa bumi di Pacitan, Jawa Timur. BMKG tidak memberitahukan adanya potensi tsunami akibat gempa tersebut.

Berdasarkan data BMKG itu, gempa berkekuatan magnitudo 4,1 itu terjadi Jumat (18/12/2020) pukul 22.06 WIB. Berdasarkan catatan BMKG, pusat gempa berada di laut, sekitar 117 km barat daya Pacitan. Pusat gempat tersebut berada dalam kedalaman 10 km di bawah permukaan Bumi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tesla Model 3 Dijual di Tokopedia, Belinya Bisa Dicicil…

Menurut catatan BMKG, getaran gempa bumi yang terjadi pada koordinat 9.20 LS, 110.835 BT itu dirasakan hingga ke Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Di seputaran Bantul, getaran dirasakan dalam skala II Modified Mercalli Intensity (MMI).

Skala Mercallia adalah salah satu satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi, terutama jika tidak terdapat peralatan sesimometer di tempat kejadian, demikian keterangan BMKG dalam lamannya itu. Sejauh ini belum ada laporan mengenai kerusakan atas gempa bumi tersebut.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya