SOLOPOS.COM - Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, saat meresmikan pabrik motor listrik di Kawasan Industri Candi, Kamis (11/11/2021). (Solopos.com/Antara-Wisnu Adhi)

Solopos.com, SEMARANG — Pabrik kendaraan atau motor listrik, PT Volta Indonesia Semesta, resmi beroperasi di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng). Peresmian pabrik kendaraan listrik yang berada di Kawasan Industri Candi, Kota Semarang, itu digelar Kamis (11/11/2021), dengan dihadiri Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi.

Wali kota yang akrab disapa Hendi itu pun berharap keberadaan Volta dengan kendaraan listrik akan membantu peran pemerintah dalam mengurangi polusi udara.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Keberadaan Volta dengan kendaraan listriknya pasti sangat membantu peran pemerintah terutama untuk mengurangi polusi dan menciptakan udara yang lebih bersih, sehingga warga menjadi lebih sehat,” ujar Hendi, dikutip dari Antara, Kamis.

Baca juga: PT Pos Siapkan Sepeda Motor Listrik untuk Kurir Perempuan

Menurut Hendi, pengoperasian pabrik kendaraan listrik Volta berbasis ramah lingkungan dapat memberi kontribusi positif terhadap perekonomian nasional.

“Di tengah pandemi Covid-19, banyak perusahaan yang gulung tikar, mau investasi juga rumit. Tapi, PT. Volta Indonesia Semesta mau menginvestasikan uang yang tidak sedikit di Kota Semarang. Saya doakan investasinya sukses, lancar, dan berkah,” ujarnya.

Direktur PT. Volta Indonesia Semesta, Willty Awan, mengatakan peresmian pabrik kendaraan listrik oleh Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menunjukkan komitmen pemerintah kota setempat dalam mendukung pelaksanaan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB).

“Dengan beroperasinya pabrik ini, kami optimistis dapat memproduksi sebanyak 5.000 unit motor listrik setiap bulan, dan mencapai 60.000 unit motor listrik setiap tahunnya,” katanya.

Baca juga: Unboxing Motor Ducati Jelang WBSK Mandalika, Bea Cukai: Sesuai Prosedur

Dalam pembuatan kendaraan listrik, Volta bekerja sama dengan PT. Energi Selalu Baru sebagai penyedia teknologi Battery Replacement System yang digunakan sebagai sumber energi utama kendaraan listrik Volta.

Presiden Direktur PT. Energi Selalu Baru, Abraham Theofilus, menambahkan teknologi SGB merupakan inovasi terbaru untuk sumber tenaga kendaraan bermotor yang lebih ramah lingkungan.

“Kolaborasi dua teknologi terbaru ini merupakan inovasi apik yang kami harapkan dapat mendorong tumbuhnya ekosistem KBLBB di tanah air,” ujarnya.

Peresmian pabrik kendaraan listrik PT. Volta Indonesia Semesta ini juga dihadiri Brand Ambassador Volta, Deddy Corbuzier.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya