SOLOPOS.COM - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (tengah) mendengarkan penjelasan General Manager PT Longway Group Jeftha Wardoyo (kedua dari kanan) saat pelepasan ekspor bola Piala Dunia 2022 PT Global Way Indonesia di Kabupen Madiun, Jawa Timur, Kamis (16/6/2022). (Solopos.com/Antara)

Solopos.com, SURABAYA–PT Global Way Indonesia (GWI) di Kabupaten Madiun Jawa Timur melakukan ekspor bola ke sejumlah negara seperti Uni Emirat Arab, Jerman, Inggris, Amerika Serikat, dan Brazil.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengatakan bola yang diproduksi di pabrik Pilangkenceng – Madiun ini berhasil mendapat order dari Adidas untuk pembuatan bola resmi Piala Dunia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Alhamdulillah hari ini kita bersama melepas ekspor bola kelima negara. Kelima negara tersebut kualitas sepak bolanya diakui dunia. Kita semua bahagia dan bangga bahwa dari Bumi Kampung Pesilat Kabupaten Madiun menghadirkan produksi bola kualitas piala dunia dan siap dilepas ekspor,” ujarnya dikutip dalam rilis, Jumat (17/6/2022).

Khofifah mengatakan produksi bola dengan merek Al Rihlla ini diharapkan bisa menjadi pengungkit pertumbuhan ekonomi di seluruh Jatim, serta menjadi referensi dan gravitasi bagi sektor industri lainnya.

Terlebih saat ini Jatim tengah gencar memacu kebangkitan ekonomi yang sempat terkontraksi.

Baca Juga: Bangga! Bola Piala Dunia 2022 Ternyata Dibikin di Madiun

Khofifah menambahkan capaian kinerja ekspor Kabupaten Madiun ini juga diharapkan dapat menjadi referensi bagi warga Madiun bahkan seluruh Indonesia untuk semakin semangat meningkatkan prestasi olahraga.

Jika dalam gelaran Piala Dunia 2022 bola resmi diproduksi di Indonesia maka diharapkan momentum piala dunia selanjutnya Timnas Indonesia juga ikut main di piala dunia.

“Semoga di Piala Dunia selanjutnya, bukan cuma bola, tapi Timnas Indonesia juga bisa berlaga. Aamiin ya rabbal alamin,” imbuhnya.

General Manager Long Way Group, Jeftha Wardojo mengatakan bahwa PT GWI memproduksi berbagai macam aksesori olahraga termasuk bola.

Kapasitas produksi bola di pabrik Madiun ini pun mencapai 1 juta bola per tahun yang 100% memang untuk pasar ekspor.

Baca Juga: Cerita Pelaku UMKM Solo Sukses Tembus Pasar Ekspor lewat Kampus Shopee

“Untuk ekspor kali ini, GWI menyiapkan sebanyak 50.000 bola untuk dikirim ke Amerika Serikat, Jerman, Uni Emirat Arab, Inggris dan Brazil,” ujarnya.

Berita telah tayang di Bisnis.com berjudul Madiun Berhasil Ekspor 50.000 Bola Ke Lima Negara

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya