SOLOPOS.COM - Kendaraan muatan berlebihan terjaring razia Satlantas Polres Karanganyar di Exit Tol Kebakkramat pada Rabu (27/7/2022). (Istimewa/Polres Karanganyar)

Solopos.com, KARANGANYAR — Puluhan kendaraan terjaring razia tim Satlantas Polres Karanganyar di simpang tiga Exit Tol Kebakkramat pada Rabu (27/7/2022). Kendaraan tersebut kedapatan mengangkut muatan berlebih atau overload. Razia semakin intensif digelar polisi guna menekan angka kecelakaan lalu lintas (lakalantas) di jalan tol.

Kanit Turjawali, Ipda Marindra, mewakili Kasatlantas Polres Karanganyar, AKP Yulianto, mengatakan kasus lakalantas di jalan tol beberapa terjadi karena rem blong. Rem blong bisa berpotensi terjadi jika muatan kendaraan overload. Rem kendaraan tak berfungsi optimal saat kendaraan dengan beban berlebih melaju dengan kecepatan tinggi. Terutama di jalan menurun.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Untuk antisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas yang berpotensi menyebabkan kematian, kami menggelar razia penindakan pelanggaran kasat mata di simpang tiga Exit Tol Kebakkramat,” kata dia.

Kegiatan penindakan pelanggaran tersebut dilaksanakan oleh 10 personel Satlantas menyasar pelanggaran kendaraan yang over dimensi dan overload muatan. Razia dilakukan bagi kendaraan yang melintas arah Solo-Sragen maupun yang hendak memasuki Tol Kebakkramat.

Baca Juga: Memotret Rumah Singgah Dinsos Sragen, Rumah Rehabilitasi Anak Jalanan

Ada 37 surat tilang diberikan kepada pelaku pelanggaran kasat mata tersebut. Selain kendaraan kelebihan dimensi dan overload muatan, penindakan juga diberikan bagi pengguna motor berknalpot brong dan yang tidak memasang spion.

Selain melakukan pemberian surat tilang, polisi juga memberikan imbauan dan edukasi kepada pelanggar tentang bahaya membawa barang dimensi berlebih maupun overload.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya