SOLOPOS.COM - Tes antigen pegawai pelabuhan Cilacap peserta outbond di Baturraden. (Istimewa)

Solopos.com, BANYUMAS -- Kegiatan outbound puluhan pegawai Kantor Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap (PPSC) di Baturraden Adventure Forest (BAF), Banyumas dibubarkan Polresta Banyumas. 75 peserta kegiatan juga langsung dites antigen di tempat.

"Kami bubarkan kegiatan itu karena tidak ada izin maupun rekomendasi dari Satgas Covid-19," kata Kapolsek Baturraden, Iptu Karseno, kepada wartawan, Sabtu (29/5/2021).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pembubaran kegiatan outbound tersebut salah satunya untuk mengantisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19 varian India B1617 yang terdeteksi menginfeksi 14 Anak Buah Kapal (ABK) asal Filipina di Cilacap beberapa waktu lalu.

Baca juga: Waduh, Nakes Positif Covid-19 Karena ABK di Cilacap Jadi 53 Orang

Rombongan datang menggunakan dua bus dinilai tidak mengindahkan imbauan tim Satgas Covid-19 Kecamatan Baturraden untuk menghentikan acara. Karenanya outbound dibubarkan polisi dipimpin Kapolresta Banyumas, Kombes M Firman Lukmanul Hakim.

Kepala PPSC, Imas Masriah yang turut dalam kegiatan mengatakan seluruh pegawai diakuinya telah divaksin Covid-19. Sebelum berangkat seluruh pegawai telah dites cepat antigen dengan hasil negatif.

"Kami belum bisa menjelaskan apa-apa, kami saja belum tahu apa yang menjadi titiknya. Sehingga kami di sini diminta untuk menghentikan dulu atau bagaimana saya belum tahu," ujarnya menanggapi pembubaran outbound.

Baca juga: Kasus Covid-19 Kudus Melonjak, Ganjar Minta Kota Semarang Lakukan Ini

Camat Baturraden Budi Nugroho mengatakan, menurut peserta, rencananya kegiatan outbound sebelum dibubarkan akan berlangsung selama tiga hari. Dengan adanya kejadian ini, rombongan dua bus tersebut akan dipulangkan dengan pengawalan pihak Kepolisian.

"Rencana kegiatannya akan digelar tiga hari. Datang tadi pukul 10.30 WIB dan dibubarkan 14.00 WIB. Setelah ini ada langkah-langkah untuk pemulangan, akan dikawal polisi ke tempat asal," jelasnya.

Baca juga: Wisata Kuliner Pasar Doplang Slogohimo Batal Buka Lagi Gegara Status Zona Merah Wonogiri

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya