SOLOPOS.COM - Ilustrasi ASN atau PNS. (Antara)

Solopos.com, SOLO -- Pernahkah Anda bertanya-tanya siapa sih sebenarnya orang pertama yang jadi pegawai negeri sipil atau PNS di Indonesia?

Berdasarkan informasi dari pengelola akun Twitter @humas_jogja, orang pertama kali yang berprofesi sebagai abdi negara adalah Sri Sultan Hamengkubuwono IX.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Mitos Dukuh Brunggang Sukoharjo yang Pantang Dikunjungi Para Pejabat, Kenapa?

Dalam unggahan tersebut juga terlihat foto kartu identitas pegawai yang dimiliki ayahanda dari Sri Sultan Hamengkubuwono X itu.

Pada foto itu tertulis nomor induk pegawai (NIP) Sri Sultan Hamengkubuwono adalah 01000001 dan sudah menjadi abdi negara sejak 1940.

Amankah Naik Pesawat Saat Pandemi?

Kartu identitas pegawai itu dilengkapi dengan foto Sri Sultan Hamengkubuwono IX dan juga tanda tangan Kepala Badan Administasi Kepegawaian Negara (BAKN), A.E. Manihuruk.

"Tahukan sedulur bahwa Sri Sultan Hamengkubuwono IX adalah PNS pertama di Indonesia dengan NIP 01000001," tulis pengelola akun Twitter @humas_jogja, satu tahun silam.

Kenapa Komodo Cuma Ada di Indonesia? Ternyata Ini Jawabannya

Meskipun Sri Sultan merupakan orang pertama yang jadi PNS, yakni sejak 1940 sebelum Indonesia merdeka, kartu identitas pegawai itu baru keluar 34 tahun kemudian, yaitu pada 1974.

"Alm. A.E. Manihuruk yang mengangkat Sri Sultan Hamengku Buwono IX sebagai PNS pertama di Indonesia. Beliau merupakan Kepala Badan Administrasi Kepegawaian Negara yang saat itu statusnya bukan PNS karena Kepala Badan kebanyakan berasal dari pejuang, tentara atau politikus," tambah pengelola akun @humas_jogja.

Ilmuwan Temukan Organ Baru di Tubuh Manusia, Ini Wujudnya

Wakil Presiden Kedua RI

Berstatuskan orang pertama yang jadi PNS di Indonesia, Sri Sultan Hamengkubuwono IX juga berkiprah di dunia politik.

Sri Sultan tercatat sering mondar-mandir masuk dalam jajaran pejabat negara dan yang paling tinggi pernah menjadi Wakil Presiden kedua Indonesia pada 1973-1978.

Kenali Tanda Cacing Masuk ke Kulit, Seperti yang Dialami Anak Anji

Dia juga pernah menjabat Wakil Perdana Menteri ke lima yang menjabat pada 1950.

Pilihan Obat Alami Sakit Gigi yang Mudah Didapatkan di Rumah

Ini Dia Metode 20-20-20, Rahasia Jaga Kesehatan Mata Saat Pandemi

Fakta Unik Lainnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya