SOLOPOS.COM - Ilustrasi diet bebas gluten. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Diet bebas gluten belakangan banyak diminati, karena keberadaan kandungan ini diyakini dapat memberikan efek yang buruk bagi kesehatan. Namun sebenarnya kandungan ini merupakan kumpulan protein dalam biji-bijian terutama gandum yang bermanfaat untuk tubuh.

Diet bebas gluten juga dipercaya dapat menurunkan berat badan, meningkatkan kesehatan Anda, membantu menjaga sistem pencernaan, hingga dapat membantu meningkatkan performa atletik Anda.  Namun sebenarnya di satu sisi, gluten juga memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk tubuh.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Namun tak sedikit orang memang harus melakukan diet bebas gluten. Hal ini karena mereka mengidap penyakit tertentu.

Baca Juga: Suka Nyinyir dan Julid, Adakah Hubungannya dengan Gangguan Kejiwaan?

Kandungan gluten dapat menyebabkan reaksi negatif, terutama pada beberapa orang dengan penyakit ini. Berikut ini jenis penyakit yang membuat orang harus diet gluten seperti melansir WebMD dan Bisnis.com, Jumat (5/11/2021):

1. Penyakit celiac

Penyakit celiac merupakan kelainan kekebalan tubuh yang membuat Anda sensitif terhadap gluten. Sistem imun menyerang gluten dan lapisan usus kecil, menyebabkan kerusakan pada vili usus yang pada akhirnya menurunkan kemampuan usus dalam menyerap nutrisi. Penyakit ini dapat menyebabkan komplikasi jangka panjang. Gejala yang muncul pada setiap orang berbeda-beda. Namun, gejala umum yang terjadi meliputi diare, kembung, ketidaknyamanan perut, sembelit, mual, anemia, nyeri sendi, hingga kulit gatal atau ruam.

Baca Juga: Ini Hasil Autopsi Penyebab Kematian Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah

2. Sensitivitas gluten

Selain mereka yang mengidap penyakit celiac, gluten juga berbahaya bagi mereka yang memiliki sensitivitas gluten. Juga dikenal dengan intoleransi gluten, kondisi ini menyebabkan gejala yang mirip dengan penyakit celiac. Namun, mereka tidak mengalami gangguan pada usus setelah mengonsumsi gluten. Mereka cenderung memiliki gejala yang tidak terkait dengan sistem pencernaan mereka seperti, sakit kepala, nyeri sendi, mati rasa pada anggota badan hingga kelelahan. Salah satu cara terbaik untuk menghindari kondisi ini adalah dengan melakukan diet bebas gluten.

3. Alergi gandum

Penyakit celiac dan sensitivitas gluten berbeda dari alergi gandum. Orang dengan kondisi ini memiliki alergi terhadap protein gandum, yang mana mengandung gluten. Sebaiknya, mereka yang alergi gandum perlu untuk menghindari makanan dan minuman seperti gandum, jelai, gandum hitam dan triticale. Bagaimana dengan oat bebas gluten? Meskipun oat berlabel bebas gluten biasanya aman, tetapi orang dengan penyakit celiac mungkin masih sensitif terhadap makanan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya