Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Optimalkan Tumbuh Kembang Anak Dengan Baby Spa

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan orang tua untuk optimalisasi tumbuh kembang anak, salah satunya stimulasi melalui baby spa.
Optimalkan Tumbuh Kembang Anak Dengan Baby Spa
SOLOPOS.COM - Fisioterapis RS JIH Solo Dwi Susilo Wati (kiri) dalam Health Talk di Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak Dengan Baby Spa. (Tangkapan layar)

Solopos.com, SOLO – Tumbuh kembang anak terutama di periode emas menjadi sangat penting bagi perkembangan anak ke depannya. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan orang tua untuk optimalisasi tumbuh kembang anak, salah satunya baby spa.

Untuk diketahui tumbuh kembang anak terutama saat masih bayi yang optimal dipengaruhi oleh beberapa faktor yang saling berkaitan. Mulai dari faktor genetik, lingkungan, perilaku serta stimulasi. Baby spa bentuk stimulasi dalam tumbuh kembang anak.

“Dalam tumbuh kembang bayi, normalnya ada periode tengkurap, mengangkat kepala, duduk, merangkak, berdiri, dan berjalan. Nah periode ini ketika dioptimalkan, akan berpengaruh kepada perkembangan berikutnya,” jelas Fisioterapis RS JIH Solo Dwi Susilo Wati dalam Health Talk di Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak Dengan Baby Spa.

Baca juga: Pentingnya Skrinning untuk Mendeteksi Gangguan Pendengaran pada Bayi

Menurut Dwi, baby spa diperuntukan bagi bayi berusia tiga bulan atau sudah bisa mengangkat kepala. Ada tiga tahapan baby spa, yakni pijat, baby gim dan terakhir berenang di air hangat. Proses pemijatan dilakukan di awal untuk memperlancar peredaran darah dan memperbaiki kualitas tidur.

Adapun teknik pemijatan bisa berupa usapan tangan, remasan lembut dan gerakan melingkar. Setelah pemijatan, ujarnya, dilanjutkan dengan baby gim atau senam bayi dengan gerakan tertentu dengan dukungan sejumlah peralatan pendukung. Ini bermanfaat untuk mengetahui perkembangan anak apakah normal atau tidak.

Tahap terakhir adalah renang biasa disebut dengan terapi air di mana bayi akan berenang dengan pelampung di air hangat. Tujuannya merangsang aktifitas bayi melalui gerakan tangan dan kaki saat berada di air.

Baca juga: Varian Baru Covid-19 Omicron, Gejala dan Pencegahannya

“Berenang juga melatih motorik bayi sehingga bermanfaat meningkatkan kecerdasan atau IQ anak. Selain itu juga mengasah keberanian, kemandirian, dan percaya diri pada anak sehingga kemampuan sosialnya meningkat,” ujar Dwi.

Pelayanan baby spa di RS JIH Solo menurut Dwi sangat diminati orang tua. Karena baby spa diperuntukan anak mulai usia 3 bulan hingga 12 bulan dan hasilnya bisa dirasakan langsung oleh orang tuanya juga.

“Karena bayi yang selesai menjalani baby spa sekitar 1 jam, kualitas tidurnya baik. Ini membuat bundanya bisa istirahat karena anak tidak rewel,” ujarnya.

Ruangan baby spa berada di lantai 7 RS JIH Solo, satu ruang satu bayi sehingga memberikan kenyamanan pada bayi saat menjalani baby spa. Peralatan selalu disterilisasi, satu alas untuk satu bayi.

 



Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terpopular
    Indeks Berita
    Berita Terkini
    Indeks Berita
    Part of Solopos.com
    Punya akun? Silahkan login
    Daftar sekarang...
    Support - FaQ
    Privacy Policy
    Tentang Kami
    Kontak Kami
    Night Mode