SOLOPOS.COM - PT Semen Gresik melalui program CSR SG SEHAT menggelar gotong royong bersih desa serta pemberian bubuk Abate dalam rangka pencegahan penyakit Demam Berdarah di Desa Kadiwono, Kecamatan Bulu. (Istimewa-Semen Gresik)

Solopos.com, REMBANG — Semen Gresik melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) SG Sehat ,melakukan serangkaian kegiatan dalam meningkatkan angka kesehatan masyarakat di 6 Desa di wilayah operasional pabrik Rembang.

Berlokasi di Desa Kadiwono, Kecamatan Bulu, Semen Gresik menggelar gotong royong bersih desa dan sosialisasi kesehatan ibu hamil. Serta pemberian makanan penambah gizi secara gratis. Melalui program ini, SG berfokus pada peningkatan kesehatan serta upaya penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) di Kabupaten Rembang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Unit Komunikasi dan CSR PT SG, Dharma Sunyata, menyampaikan masih adanya kasus kematian Ibu dan Bayi serta pentingnya peningkatan edukasi kesehatan masyarakat di Kabupaten Rembang, menjadikan program ini perlu dioptimalkan.

Baca juga: Raih 2 Penghargaan Gold, Semen Gresik Berjaya di Ajang PRIA 2021

Ekspedisi Mudik 2024

Melalui rangkaian kegiatan yang berfokus pada implementasi nilai-nilai kesehatan, SG menggandeng dokter perusahaan secara langsung. Sehingga memberikan ruang konsultasi kesehatan secara gratis kepada masyarakat.

“Semen Gresik terus berupaya menekan AKI dan AKB di Kabupaten Rembang mulai dari tingkat terkecil yaitu desa. SG telah menyusun berbagai program yang siap dilaksanakan secara bertahap di tahun 2021 ini, khususnya yang berfokus pada peningkatan kesehatan,” kata Dharma Sunyata, Selasa (6/4/2021).

Dharma melanjutkan, SG dalam kegiatan Gotong Royong Bersih Desa ini bersinergi dengan berbagai elemen masyarakat di desa Kadiwono, seperti Karang Taruna, PKK, Pemerintah Desa, serta Lembaga Desa dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Kegiatan ini sekaligus memfokuskan pada pemberantasan jentik-jentik nyamuk dengan metode 3M (Menguras, Mengubur, dan Menutup) dan pemberian bubuk Abate dalam rangka pencegahan penyakit Demam Berdarah.

Baca juga: Gerak Cepat, Semen Gresik Salurkan Bantuan buat Korban Banjir Demak

Kecukupan Gizi

SG Sehat (Istimewa-Semen Gresik)
Dengan target menurunkan angka kematian ibu dan bayi, Semen Gresik menggandeng dokter perusahaan untuk mensosialisasikan edukasi kesehatan kepada ibu hamil serta pemberian makanan penambah gizi secara gratis. (Istimewa-Semen Gresik)

Dokter Perusahaan dan Penanggung Jawab Poliklinik Semen Gresik, Dr. Habibur Rochman Salim, mengatakan antusias memasyarakat yang mengikuti sosialisasi pada program ini sangat baik. Di mana masyarakat sangat pro aktif dalam bertanya dan berkonsultasi.  Fokus yang menjadi concern dalam sosialisasi ini berkaitan dengan kurangnya kecukupan gizi untuk ibu hamil dan bayi yang menyebabkan stunting atau terganggunya pertumbuhan anak, serta tingginya kasus hamil usia di bawah 20 tahun (usia dini).

“Sosialiasi ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran kepada masyarakat tentang pentingnya pola hidup sehat. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi momentum untuk menyemangati bidan desa agar terus memperhatikan ibu hamil di cangkupan wilayahnya secara maksimal,” Kata Dr. Habib.

Sebagai upaya peningkatan gizi ibu hamil dan bayi, SG menyalurkan beragam makanan penambah gizi, berupa susu, buah-buahan, telur, vitamin, serta beragam makanan pendamping khusus Ibu hamil lainnya.

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya