SOLOPOS.COM - Pengendara melintas di depan Alun-Alun Pancasila Kota Salatiga belum lama ini. Dana terkait pembangunan Lapangan Pancasila pada 2019 lalu menjadi salah satu catatan dalam raihan opini WTP Kota Salatiga tahun ini. (Semarangpos.com-Nadia Lutfiana Mawarni)

Solopos.com, SALATIGA — Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2019 Kota Salatiga meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari BPK Perwakilan Jawa Tengah. Kendati begitu ada, sejumlah catatan yang disampaikan BPK terkait pengelolaan laporan keuangan tersebut.

Ketua DPRD Salatiga, Dance Ishak Palit, yang ikut menerima opini tersebut melalui telekonferensi mengatakan BPK Jawa Tengah memberikan catatan kepada tiga penyaluran dana. Ketiganya adalah pembangunan Taman Sidomukti terkait dana senilai Rp200-an juta, dana senilai Rp16 juta dalam pembangunan Taman Pancasila, serta sejumlah dana yang berhubungan dengan penyaluran bantuan bagi siswa miskin.

Promosi Oleh-oleh Keripik Tempe Rohani Malang Sukses Berkembang Berkat Pinjaman BRI

“Ada beberapa catatan yang disampaikan BPK, namun secara garis besar tiga yang utama,” ujar Dance, Sabtu (9/5/2020). Kendati begitu, catatan tahun ini diakui lebih sedikit jika dibandingkan dengan catatan opini WTP tahun sebelumnya.

Ekspedisi Mudik 2024

Youtuber Billy Christian Kok Bisa Lihat Makhluk Tak Kasat Mata?

Selanjutnya, setelah menerima rekomendasi dari BPK, DPRD Salatiga bersama eksekutif pemerintah kota akan mengawal organisasi perangkat daerah (OPD) yang mendapatkan catatan tersebut, di antaranya Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Salatiga dan Dinas Pendidikan.

Kerja Keras Bersama

Diberitakan sebelumnya, Wali Kota Salatiga, Yuliyanto, mengatakan pencapaian opini WTP untuk keempat kalinya ini adalah hasil kerja keras bersama. Opini WTP adalah sebuah pencapaian opini yang baik dalam tata kelola keuangan didukung dengan tata kelola pemerintah yang baik pula.

“Hasil ini merupakan kerja keras dari semua pihak yang sudah bekerja dengan baik.  Kita selalu patuh dengan aturan dan peraturan dari BPK, sehingga Salatiga kembali mendapatkan hasil yang menggembirakan,”tambahnya.

Kisah Rakyat Ini Melegenda di Rawa Pening…

Sementara itu, Kepala Perwakilan BPK Provinsi Jawa Tengah di Semarang Ayub Amali menyatakan keberhasilan Kota Salatiga meraih opini WTP patut mendapat apresiasi. Kota Salatiga menjadi salah satu daerah yang telah melaporkan laporan keuangannya dengan baik.

“Opini ini diberikan murni karena penilaian laporan keuangan, bukan hal lain. Selain itu pemberian opini WTP juga dilihat dari laporan penyelenggaraan keuangan, sistem pengendalian anggaran, dan kepatuhan terhadap perundang-undangan yang dilakukan Pemerintah Kota Salatiga,”jelas Ayub.

Dirinya menambahkan bahwa hasil WTP yang dicapai ini, bisa terus memotivasi dan memberikan komitmen dalam pengelolaan keuangan di Kota Salatiga.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya