SOLOPOS.COM - President Director & CEO Indosat Ooredoo, Alexander Rusli, menyampaikan kuliah umum di Auditorium UNS Solo, Jumat (19/2/2016). Indosat Ooredoo mendukung pengembangan ekosistem digital melalui aplikasi lokal untuk meningkatkan ekonomi daerah. (Asiska Riviyastuti/JIBI/Solopos)

Operator seluler Indosat menggandeng UNS Solo.

Solopos.com, SOLO — Indosat Ooredoo menggandeng Universitas Sebelas Maret (UNS) untuk mengembangkan program digitalisasi kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Oleh karena itu, generasi muda diharapkan mampu mengembangkan aplikasi berkonten lokal karena dinilai lebih tepat sasaran.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

President Director & CEO Indosat Ooredoo, Alexander Rusli, mengungkapkan digitalisasi KKN diharapkan bsia mengoptimalkan layanan data untuk memajukan desa terpilih dengan membuat pasar virtual, website, atau hyperlink di website UNS. Apalagi selama ini desa yang disasar merupakan yang menjadi tujuan wisata, memiliki produk kerajinan yang unggul, dan makanan khas.

“Digitalisasi akan lebih mudah jika dilakukan generasi muda. Mahasiswa diharapkan bisa membuat aplikasi berkonten lokal sehingga bisa mengubah kehidupan masyarakat di desa,” ungkap laki-laki yang akrab disapa Alex, Jumat (19/2/2016).

Dia menyampaikan apabila program ini dilakukan secara berkelanjutan dapat meningkatkan daya saing produk lokal. Apalagi saat ini telah memasuki Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) sehingga cakupan pasar bisa menjadi semakin luas.

“Inisiatif pendidikan secara digital adalah salah satu cara menghadirkan dunia digital kepada semua orang yang sejalan dengan visi Indosat Ooredoo untuk meningkatkan manfaat teknologi digital kepada masyarakat,” kata dia.

Dia mengatakan ekosistem digital tidak bisa langsung terbentuk tapi membutuhkan waktu yang lama. Oleh karena itu, seluruh operator seluler diharapkan mendukung upaya tersebut. Lebih lanjut, Alex mengatakan infrastruktur terus diperbaiki karena jaringan yang cepat merupakan keharusan mengingat kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat.

Dia mengatakan sudah banyak kota yang terjangkau jaringan 4G Indosat Ooredoo. Namun dia mengatakan network, device, dan aplikasi harus dikembangkan bersama supaya pemanfaatan bisa berjalan maksimal. dia mengungkapkan Indosat Ooredoo di beberapa kota menerapkan sharing network untuk menekan biaya.

Head of Region Central and West Java, Hari Sukmono, mengatakan di Jateng hanya tinggal Pekalongan dan Tegal yang saat ini masih dalam proses upgrade jaringan menjadi 4G. Peningkatan kualitas jaringan memang menjadi fokus dari Indosat Ooredoo, apalagi Jateng memiliki pertumbuhan penggunaan jaringan data paling tinggi secara nasional.

Sementara itu, pada 18 Januari-22 Februari diadakan Blogfest Competition dengan memberikan hadiah menarik setiap pekan. Blog Festival UNS 2016 ini tidak hanya terpaku pada kegiatan menulis blog tapi juga kegiatan pendukung, seperti Blog Competition, Blog Conference, dan Edu Blog.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya