SOLOPOS.COM - Indosat Ooredo (ilustrasi/okezone)

Operator seluler Indosat berganti nama menjadi Indosat Ooredoo. Bintang sepak bola Lionel Messi dan Ibrahomic juga mengucapkan selamat.

Solopos.com, JAKARTA — Operator seluler Indosat resmi menyandang nama dan logo baru, yakni Indosat Ooredoo, Kamis (19/11/2015). Pergantian itu ditandai dengan gelaran Indonesia Digital Nation di kantor pusat Indosat Ooredoo di Jakarta.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Seperti diberitakan Liputan6.com, Kamis, dalam acara tersebut, sejumlah pemain sepak bola dunia turut dihadirkan lewat rekaman video yang disiarkan di sana seperti Lionel Messi, David Luiz, dan Zlatan Ibrahimovic.

Meski tak dapat hadir langsung dalam acara Indonesia Digital Nation, mereka turut mengucapkan selamat kepada operator seluler yang juga anak usaha Ooredoo ini. “Selamat Indosat Ooredoo,” ucap Messi dan David Luiz. Ibrahimovic juga tak ketinggalan, “Selamat bergabung dengan keluarga besar Ooredoo,” ujar Ibra.

Perlu diketahui, Lionel Messi dan operator seluler Ooredoo telah terikat kontrak kerja sama sejak lama. Dalam hal ini, Messi yang kini pemain FC Barcelona, menjadi brand ambassador Ooredoo. Sedangkan David Luiz dan Ibra merupakan pemain dari klub Paris St Germain yang disponsori Ooredoo Group.

Di sisi lain, rupanya penggunaan nama Ooredoo oleh operator seluler Indosat tak serta cuma-cuma. Presiden Direktur & CEO Indosat, Alexander Rusli, mengungkapkan Indosat melakukan perjanjian dengan Ooredoo. Dalam perjanjian itu, Indosat harus membayar lisensi kepada Ooredoo. Sekadar informasi, Ooredoo menguasai 65% saham Indosat.

“Dalam perjanjian itu, kami harus membayar lisensi per tahun. Tentu ada syarat dan ketentuan apabila perusahaan meraup keuntungan,” ujarnya.

Meski enggan merincikan perhitungannya, Indosat juga diuntungkan dalam perjanjian ini karena operator seluler tersebut dapat mengakses segala sumber daya yang dimiliki induk usahanya.

“Misalnya, kami masih bayar Lionel Messi untuk marketing Indosat dulu, tetapi sekarang tidak. apabila Ooredoo menggaet bintang siapa saja, kami bisa langsung pakai untuk kegiatan marketing,” paparnya.

Alexander Rusli juga menargetkan Indosat Ooredoo menjadi operator seluler dan digital nomor satu di Indonesia. “Dalam tiga tahun kami akan jadi operator digital nomor satu. Kami ingin menjadi nomor satu pendapatan digital, nomor satu merek digital, dan nomor satu pilihan digital bagi pelanggan,” kata Alexander Rusli, dilansir Detik, Kamis.

Target menjadi operator seluler digital nomor satu, kebetulan bertepatan dengan tuntasnya refarming 4G di 1.800 MHz. Namun menurutnya, 4G bukan satu-satunya teknologi yang diandalkan untuk menjadi nomor satu dalam monetisasi layanan digital.

“Kami akan tetap membangun 2G, 3G, dan 4G secara bersamaan. 4G cuma salah satu akses saja. Semuanya akan kami genjot untuk layanan digital,” lanjut orang nomor satu Indosat Ooredoo tersebut.

Alex sendiri mengungkapkan dalam setahun terakhir pertumbuhan data di perusahaan yang dipimpinnya itu melesat dengan pesat. Tumbuh 155% dari kuartal ketiga 2014 ke kuartal ketiga 2015.

“Data tumbuh 155%? dari Q3 tahun lalu hingga Q3 tahun ini, tapi saya lupa datanya. Bukan cuma terabyte, tapi pentabyte. Banyak angkanya. Selain itu, dari total 60 juta pelanggan kami, setengahnya sudah gunakan Internet. Sebanyak 19 juta di antaranya pengguna aktif Facebook,” paparnya.

Indosat akhirnya mengganti identitas perusahaannya dengan nama baru Indosat Ooredoo setelah tujuh tahun diambil alih mayoritas kepemilikannya oleh raksasa telekomunikasi asal Qatar tersebut?.

Alex menjelaskan pihaknya membutuhkan waktu hingga dua tahun hingga akhirnya memutuskan untuk mengganti nama perusahaan dan logo lamanya. Menurutnya perubahan ini menjadi transformasi sekaligus tujuan dari perusahaan untuk menjadikan digital sebagai DNA perusahaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya