SOLOPOS.COM - Super Crew (Sumber: Antaranews.com)

Solopos.com, SOLO — Maskapai penerbangan baru di bawah grup Lion Air lagi buka lowongan kerja (loker) kru pesawat, termasuk pramugara/pramugari. Pihak Lion Air Group menyebut masih membutuhkan banyak kru penerbangan hingga 2023.

Area Manager Jogja Solo Semarang Lion Air Group, Widi Wiyanti, saat ditemui Solopos.com, Selasa (4/1/2022), menuturkan Lion Air Group mengoperasikan maskapai baru Super Air Jet pada Agustus 2021.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Saat ini, baru ada 13 pesawat yang beroperasi di berbagai rute. Salah satunya Bandara Internasional Adi Soemarmo Boyolali-Bandara Internasional Soekarno Hatta Tangerang. Super Jet Air mulai terbang dari Bandara Adi Soemarmo pada Rabu (5/1/2022).

Hingga 2023, Lion Group akan mendatangkan sekitar 100 pesawat Super Air Jet. Saat ini yang datang baru 13 pesawat. Jadi, dibutuhkan banyak sekali kru pesawat. “Pendaftaran dibuka terus,” ujar Widi saat berkunjung ke Griya Solopos, Selasa. Widi mendampingi Corporate Communications Strategic Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro.

Baca Juga: Asyik, Mini Zoo dengan Wahana Edukasi Anak Hadir di Kaliurang Sleman

Widi menyebut ada lowongan di berbagai kota yang diterbangi Super Air Jet. Perekrutan dilakukan secara online. Pengumuman perekrutan biasanya disampaikan melalui Instagram Superairjet.

Karena pandemi, ujar Widi, seleksi dilakukan secara online, kemudian dilanjutkan wawancara. Rata-rata yang dibutuhkan adalah lulusan SMA sederajat. Perekrutan karyawan itu akan berlangsung hingga 2023 saat 100-an pesawat tiba di Tanah Air.

Danang Mandala Prihantoro mengatakan langkah Lion Air membikin maskapai baru pada saat pandemi ini merupakan tantangan dan peluang.

Danang mengakui maskapai adalah pihak yang paling terdampak pandemi. Orang takut naik pesawat karena takut tertular Covid-19. Karena itu, Lion Air Group menyampaikan kepada masyarakat bahwa naik pesawat itu aman dan sehat. Kru dan penumpang sudah divaksin dan dites Covid-19.

Kemudian setiap pesawat juga dilengkapi HEPA (High Efficiency Particulate Arrestance) filter yang berfungsi menyaring udara, debu, virus, hingga bakteri. HEPA filter bisa membunuh 99 persen virus dan bakteri.

Baca Juga: Alhamdulillah, Harga Telur dan Cabai di Kota Jogja Berangsur Turun

Danang optimistis penerbangan tetap akan ramai mengingat kebutuhan. Indonesia adalah negara kepulauan sehingga perlu pesawat untuk konektivitas.

Super Air Jet akan terbang dengan rute Bandara Internasional Soekarno Hatta (CGK)-Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo (SOC) mulai Rabu (5/1/2022). Rute ini tergolong super populer. Pesawat yang dipakai adalah Airbus 320. Ada penawarawan Super Sehat dengan tarif untuk uji Covid-19 dan harga tiket mulai dari Rp433.800.

Dengan nomor penerbangan IU 636, pesawat berangkat dari Terminal 2D Bandara Internasional Soekarno Hatta pukul 08.45 WIB dan di Bandara Internasional Adi Soemarmo pada pukul 10.00 WIB.

Kemudian pesawat nomor penerbangan IU 637 akan mengudara dari Adi Soemarmo pada pukul 10.40 WIB dan diperkirakan mendarat di Soekarno Hatta pukul 11.55 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya