SOLOPOS.COM - Apel Operasi Zebra Semeru 2022 di Polres Madiun, Senin (3/10/2022). (Istimewa/Polres Madiun)

Solopos.com, MADIUN — Polres Madiun bakal menggelar Operasi Zebra Semeru 2022 mulai Senin hingga Minggu (3-16/10/2022). Selama operasi berlangsung, polisi akan mencari para pelanggar lalu lintas di jalan raya.

Kapolres Madiun, AKBP Anton Prasetyo, mengatakan dalam Operasi Zebra Semeru kali ini bertujuan untuk meminimalisasi terjadinya kecelakaan lalu lintas di jalan raya. Ada tujuh hal yang akan disasar dalam operasi kali ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pertama, pengemudi atau pengendara kendaraan bermotor yang menggunakan ponsel sata berkendara. Kedua, pengendaraan kendaraan bermotor yang masih di bawah umur.

Ketiga, pengendara sepeda mootr yang berboncengan lebih dari satu. Keempat, pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm SNI dan pengemudi roda empat atau lebih yang tidak menggunakan sabuk pengaman.

Baca Juga: Cerita Saksi Selamat Tragedi Kanjuruhan: Mencekam & Mayat Ada di Mana-Mana

Kelima, pengendara kendaraan bermotor dalam pengaruh alkohol. Keenam, pengendara kendaraan bermotor yang melawan arus llau lintas. Ketujuh, pengendara kendaraan bermotor yang melebihi batas kecepatan.

“Saat ini sudah terjadi peningkatan mobilitas penduduk. Seluruh aspek kegiatan dapat dilaksanakan secara normal kembali mulai dari sektor pendidikan, perkantoran, dan dunia pariwisata serta hiburan yang sudah mulai dipadati oleh masyarakat,” kata dia saat Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Semeru 2022 di Mapolres Madiun, Senin (3/10/2022).

Anton mengatakan dalam operasi ini ada sebanyak 250 personel yang disebar di berbagai titik. Operasi Zebra kali ini juga akan mengoptimalkan tilang elektronik atau ETLE menggunakan dua mobil INCAR atau Integrated Node Caputer Attitude Record.

Baca Juga: Bertambah! Total Korban Meninggal Tragedi Kanjuruhan Malang Jadi 130 Orang

Bukan hanya itu, petugas juga akan melakukan sistem hunting untuk mencari para pelanggar lalu lintas di jalan arteri maupun jalan tol.

Dia menagaskan dalam operasi ini tidak akan ada patroli secara stationer. Polisi juga akan menggencarkan langkah preventif dan preentif untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Madiun, AKP Firman Widyaputra, mengatakan titik-titik yang menjadi sasaran Operasi Zebra kali ini adalah di Jalan Raya Madiun-Ponorogo terutama di wilayah Pagotan hingga Mlilir. Kemudian di Jalan Raya Madiun-Surabaya mulai dari Nglames hingga Saradan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya