SOLOPOS.COM - Ilustrasi kecelakaan. (Freepik.com)

Solopos.com, SEMARANG — Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah (Jateng) mencatat angka kasus kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Klaten menjadi yang tertinggi se-Jateng selama digelarnya Operasi Patuh Candi mulai 13-26 Juni 2022. Selama dua pekan pelaksanaan Operasi Patuh Candi itu, total ada 54 peristiwa kecelakaan lalu lintas terjadi di Klaten.

Sementara itu, selama pelaksanaan Operasi Patuh Candi, Ditlantas Polda Jateng mencatat ada sekitar 693 kasus kecelakaan terjadi di Jateng. Perinciannya, 22 orang korban meninggal dunia dan 846 orang mengalami luka ringan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Jumlah kecelakaan tertinggi selama Operasi Patuh Candi 2022 adalah Polres Klaten dengan 54 kejadian. Sementara Polres Karanganyar [melaporkan] 49 kejadian dan Polres Pati 49 kejadian. Kerugian materiel mencapai Rp501.800.000,” ujar Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol. Agus Suryo Nugroho, di Semarang, Selasa (28/6/2022).

Dalam catatan tersebut, Agus menyampaikan perbandingan data kecelakaan lalu lintas di Jateng selama 14 hari sebelum pelaksanaan Operasi Patuh Candi 2022 dengan saat pelaksaan operasi. Dari hasil perbandingan itu diketahui tingkat kecelakaan lalu lintas di Jateng mengalami penurunan sekitar 44%, dari 1.229 kasus menjadi 693 kasus.

“Sementara itu, jenis barang bukti yang disita dalam kecelakaan lalu lintas selama operasi adalah kendaraan sebanyak 1.077 unit. Sementara dari riwayat pekerjaan korban paling banyak adalah karyawan swasta, mencapai 476 orang,” jelasnya.

Sedangkan jenis kecelakaan terbanyak adalah kecelakaan depan samping sebanyak 179 kasus. Sementara lokasi kecelakaan paling banyak terjadi di kawasan permukiman dengan status jalan kabupaten atau kota.

Baca juga: Kecelakaan Klaten: Mobil Diseruduk Bus di Prambanan, 2 Orang Jadi Korban

“Sementara waktu terbanyak terjadinya kecelakaan adalah sekitar pukul 06.00 WIB sampai dengan 09.00 WIB, sebanyak 192 kasus,” ungkapnya.

Agus juga menyebutkan jumlah kecelakaan lalu lintas di Jateng selama pelaksanaan Operasi Patuh Candi tahun ini lebih banyak dibanding periode yang sama tahun lalu. Tahun lalu, jumlah kecelakaan saat Operasi Patuh Candi mencapai 581%, atau lebih sedikit sekitar 19% dari tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya