SOLOPOS.COM - Operasi pasar demi menekan harga kebutuhan pokok di Pasar Tawangmangu, Malang, Jumat (18/12/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Ari Bowo Sucipto)

Operasi pasar yang digelar Kementerian Pertanian berada di 4.000 lokasi per hari.

Solopos.com, JAKARTA–Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengungkapkan pihaknya menggelar operasi pasar (OP) secara besar-besaran selama Ramadan di 4.000 lokasio per hari di seluruh Indonesia. Langkah itu sebagai upaya menstabilkan harga kebutuhan pokok.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Jadi ini operasi pasar kita lakukan besar-besaran. Kita buka seluruh titik di Indonesia ada 4.000 setiap hari. Solusi jangka pendek adalah operasi besar-besaran untuk menghadapi Idul Fitri,” kata Menteri Pertanian Amran Sulaiman saat menghadiri kegiatan operasi pasar di Pasar Minggu Jakarta seperti dilansir Antara, Minggu (12/6/2016).

Selain Menteri Pertanian, hadir dalam operasi pasar murah yang berlokasi di Kantor Dirjen Hortikultura , Jakarta Selatan, dilanjutkan di Pasar Minggu serta Pasar Cipete tersebut yakni Menteri Perindustrian Saleh Husin.

Operasi pasar kali ini ini merupakan tindak lanjut atas rapat koordinasi yang dilakukan Menteri Pertanian, Menteri Perdagangan, Menteri Perindustrian, Menteri Koperasi dan UKM serta Dirut Perum Bulog, Jumat (10/6/2016) lalu di Kementerian Pertanian.

Di sela operasi pasar yang dilakukan bekerja sama dengan Artha Graha Peduli itu, Mentan menjelaskan bahwa persoalan pangan tidak bisa diselesaikan hanya Kementerian Pertanian tapi juga kementerian lain terkait.

“Kita ini sinergi, egoisme sektoral kita hilangkan, jadi ini soal pangan tidak bisa selesai hanya dengan satu kementerian saja, kementan, kemenperin, kemendag, kemenkop ini satu kesatuan tidak bisa dipisah,” ujarnya.

Operasi pasar pertama di gelar di Kantor Ditjen Hortikultura, Kementan, Pasar Minggu yang dimulai pada pukul 06.00 WIB menjual sejumlah komoditas pangan pokok seperti beras, bawang merah, daging sapi, minyak goreng, cabai merah, dan gula pasir.
Dalam operasi pasar tersebut daging sapi dijual seharga Rp75.000/kg, bawang merah Rp 25.000/kg, minyak goreng Rp11.000/liter, beras Rp7.500/kg, cabai merah keriting Rp18.000/kg dan paket sembako Rp25.000/paket.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya