SOLOPOS.COM - Ilustrasi suasana objek wisata Tebing Breksi. - Harian Jogja

Solopos.com, SLEMAN — Pengelola Objek Wisata Tebing Breksi menaikkan ongkos sewa jip untuk semua paket wisata senilai Rp50.00. Kenaikan sewa jip wisata itu mulai berlaku pada 1 November 2022. Tebing Breksi sendiri berada di Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Atas kenaikan harga sewa tersebut, pihak pengelola pun menambahkan destinasi wisata yang bisa dikunjungi. Destinasi baru ini bernama Desa yang Hilang.

Promosi Selamat Datang di Liga 1, Liga Seluruh Indonesia!

Perwakilan Pengelola Objek Wisata Tebing Breksi, Khaliq Widiyanto, mengatakan Desa yang Hilang ini memiliki cerita pada 1955 ada suatu desa yang lokasinya berada di bawah Tebing Breksi. Pada zaman dahulu pernah terjadi tanah longsor sehingga warganya pun berpindah.

Dia menyampaikan melalui penambahan destinasi ini, desa tersebut akan kembali dihidupkan.

“Ada di bawah Breksi [lokasinya]. Itu di situ ada situs workshop perbengkelan patung, ad apatung raksasa tiga meter bahkan 14 meter,” kata dia, Jumat (28/10/2022).

Baca Juga: Pipa PDAM di Kalasan & Seyegan Bakal Dipindah karena Terdampak Pembangunan Tol

Saat ini, kata dia, jalurnya sudah ada, tetapi destinasinya baru mulai pengembangan. Selama ini rute jip yang digunakan adalah jalan beraspal, destinasi baru ini akan menyediakan lintasan off road.

“Kami juga memberikan tambahan destinasi yang dikunjungi.”

“Karena permintaan dari pengguna jip minta yang off road. Rute kami jalan bagus semua ini. Kita buka nanti kami beri nama Desa yang Hilang,” jelasnya.

Kenaikan ongkos sewa jip tersebut merupakan imbas dari kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) yang berdampak ke ongkos operasional. Kemudian diikuti dengan kenaikan harga spare part.

Baca Juga: Pembuangan ke TPA Piyungan Dijadwal, Sampah di Kota Jogja Membeludak di TPS

“Jip ini kan mobil tua semua dan harus selalu fit jadi sering gonta ganti onderdil,” ungkapnya.

Dia menjelaskan jumlah kunjungan ke Tebing Breksi cenderung fluktuatif sehingga sulit diprediksikan jumlah kunjungan sampai akhir tahun. Adapun khusus untuk sewa jip, tercatat ada sekitar 300-500 trip per pekannya dalam beberapa bulan terakhir.

Meski ongkos sewanya bakal naik, kata Khaliq, jumlah pengunjung diperkirakan tidak akan terpengaruh.

“Saya rasa sama saja, kami yakin gak masalah [pada jumlah pengunjung] kami juga sharing-sharing ke beberapa agen wisata, biro wisata dan lainnya,” kata dia.

Baca Juga: Mulai November, Penerbangan ke Thailand Bisa Langsung dari YIA Kulonprogo

Secara rinci harga sewa jip terbaru, untuk short trip adalah Rp360.000, medium trip adalah Rp450.000, dan long trip Rp600.000. Masing-masing naik Rp50.000 per paket dari harga awal.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Ongkos Sewa Jip Tebing Breksi Naik Rp50.00, Pengelola Tambah Spot Tujuan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya