SOLOPOS.COM - Sejumlah kendaraan melintas memasuki Gerbang Tol Kalikangkung, Kota Semarang, Kamis (28/4/2022) malam. (Solopos.com-Adhik Kurniawan)

Solopos.com, JAKARTA — Polri mengimbau pengguna jalan yang terdampak arus balik one way Lebaran 2022 tidak menunggu di gerbang tol hingga diputuskan kebijakan jalan dua arah.

Imbauan itu disampaikan agar tidak terjadi kemacetan parah di tol.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kakorlantas Irjen Pol.Firman Santyabudi mengatakan jalan satu arah atau one way gerbang Tol Kalikangkung Semarang ke arah Jakarta dapat diterapkan secara terus menerus sebagai antisipasi kemacetan parah.

“Tidak perlu menunggu di pintu tol, one way bisa saja terus 24 jam,” kata Firman, seperti dilansir Solopos.com dari Antara, Jumat (6/5/2022).

Menurut dia, dengan penerapan kebijakan one way berdasarkan kondisi di lapangan maka sebaiknya masyarakat yang menuju arah sebaliknya tidak menunggu di depan pintu tol.

Dia meminta masyarakat memanfaatkan di jalur non tol untuk melanjutkan perjalanan pada sore hingga malam hari saat masyarakat lokal sudah mulai beristirahat.

Baca Juga: Jadwal One Way Tol Cikampek Hari Ini

Menurut dia, pemberlakuan sistem satu arah dari gerbang Tol Kalikangkung menuju arah Jakarta sudah sesuai jadwal.

Pemberlakuan satu arah sendiri akan dilaksanakan mulai 6 hingga 8 Mei 2022.

Tiga menteri secara resmi membuka pemberlakuan sistem satu arah dari gerbang Tol Kalikangkung Semarang menuju arah Jakarta sekitar pukul 13.57 WIB.

Baca Juga: One Way dari Gerbang Tol Kalikangkung ke Jakarta Resmi Diberlakukan

Pembukaan jalur satu arah ditandai dengan pengibaran bendera oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, serta Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Kakorlantas mengharapkan arus kendaraan berjalan lancar selama pemberlakuan one way sehingga bisa dimungkinkan relaksasi satu lajur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya