SOLOPOS.COM - PLN Tambah Daya PT Gunung Rajapaksi, Jawa barat. (Istimewa)

Solopos.com, CIKARANG — PLN berkomitmen memenuhi permintaan kebutuhan listrik, termasuk sektor industri, guna mendukung pemulihan ekonomi di tengah kondisi pandemi Covid-19. Salah satunya dengan merealisasikan penambahan daya pelanggan tegangan tinggi PT Gunung Rajapaksi Tbk. Yakni sebesar 40 MVA dari daya 105 MVA menjadi 145 MVA dengan Layanan Premium.

Proses penambahan daya dilakukan hanya dalam 24 jam setelah penandatanganan Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik oleh PLN UID Jawa Barat dan PT Gunung Rajapaksi Tbk.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

PT Gunung Rajapaksi Tbk. membutuhkan tambah daya listrik untuk meningkatkan produksi baja dengan mengoperasikan Electric Art Furnace tambahan. Hal ini merespons tingginya pesanan produk baja dari berbagai konsumen, baik dari dalam negeri maupun pasar global.

Baca juga: PLN Jamin Keandalan Kelistrikan Rumah Sakit Rujukan Covid-19 dan Produsen Oksigen

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Barat, Agung Nugraha, mengatakan PT Gunung Rajapaksi Tbk. adalah salah satu pelanggan premium PLN Jawa Barat.

“Realisasi penambahan daya ini akan memberikan tambahan penjualan sebesar 8 juta kWh per bulan. Sehingga ada tambahan pendapatan senilai Rp8,2 miliar per bulan. Hal ini tentu saja akan berdampak baik bagi perekonomian Indonesia, khususnya Jawa Barat,” katanya.

Guna mendukung keandalan pasokan, PLN telah meningkatkan kapasitas IBT (Interbus Transformer) di GITET Deltamas. Dan menambahkan kapasitas penghantar dengan pembangunan SKTT (Saluran Kabel Tegangan Tinggi) dari GITET (Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi) Deltamas sampai GI (Gardu Induk) Rajapaksi.

Baca juga: PPKM Darurat, Luhut Pastikan akan Ada Bansos

Pasokan ke PT Gunung Rajapaksi

PLN one day service
Proses tambah daya PT Gunung Rajapaksi selesai. (Istimewa)

Dari sisi sistem, pelanggan PT Gunung Rajapaksi Tbk. dipasok 150 kV dari subsistem Deltamas melalui GI Rajapaksi sebagai pelanggan premium. Selain itu untuk meningkatkan kehandalan GI Rajapaksi dapat juga di supply oleh line bay cadangan dari sub sistem Cibatu 1 dan 2.

PT Gunung Rajapaksi Tbk. yang merupakan bagian dari Gunung Steel Group menjadi salah satu perusahaan baja swasta terbesar di Indonesia. Dengan pengalaman lebih dari 50 tahun, PT Gunung Rajapaksi Tbk. memproduksi 2,8 juta ton baja per tahun. Juga telah mendapat sertifikasi nasional maupun Internasional.

Saat ini PT Gunung Rajapaksi Tbk. terdaftar sebagai pelanggan dengan kontribusi kWh jual dan pendapatan tertinggi di UP3 Cikarang. Serta mempunyai dua layanan sambungan Tegangan Tinggi dengan total daya 275 MVA.

Baca juga: PLN Apresiasi Ditjen Minerba & Pemasok Batu Bara Jaga Keandalan Listrik

Presiden Direktur PT Gunung Rajapaksi Tbk., AGW Sangkaeng, mengapresiasi kecepatan layanan PLN dalam proses penyambungan penambahan daya.

“Terima kasih kepada PLN atas suksesnya penambahan daya ini. Ini sekaligus menjadi momen langka bagi kami [PT Gunung Rajapaksi Tbk.] di tengah pandemi, bisa melakukan tambah daya. Kedengarannya agak nekat, tetapi bukan tanpa alasan. Kita percaya Indonesia pasti Bangkit, dan kita saat ini kita bisa menjalankan apa yang bisa kita jalankan. Sehingga ketika Indonesia bangkit, kita sudah siap. Ini menunjukkan kita akan berkembang bersama-sama dengan Pemerintah Indonesia khususnya dengan PLN,” ungkapnya.

AGW Sangkaeng berharap pihaknya dapat meningkatkan kerja sama dengan PLN dengan menambah daya listrik untuk kebutuhan PT Gunung Rajapaksi Tbk.

Baca juga: Pemerintah Diminta Cegah PHK, Pekerja Butuh Kompensasi!

PT Gunung Rajapaksi Pelanggan Premium

Jumlah pelanggan Premium yang dilayani PLN UID Jawa Barat, menurut Agung Nugraha sampai dengan Mei 2021 sebanyak 1.290 Pelanggan. Jumlah total kWh jual sampai dengan bulan Mei 2021 yaitu sebesar 10,09 TWh. Dengan kontribusi dari pelanggan golongan tarif I3 (Industri) sebesar 48,96 persen.

Di tengah pandemi, PLN UID Jawa Barat mencatat pertumbuhan penjualan segmen industri sebesar 9,06 TWh pada 2021. Atau naik 6,95 persen dibandingkan dengan posisi Mei 2020 sebesar 8,41 TWh.

PLN akan selalu menjadi mitra strategis baik bagi industri, bisnis maupun rumah tangga. Khususnya dalam penyediaan energi yang andal dan berkualitas. PLN pun berharap dengan penambahan daya ini dapat mendorong peningkatan produksi PT Gunung Rajapaksi Tbk. Serta membangkitkan perekonomian di tengah tantangan bisnis saat ini.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya