SOLOPOS.COM - Ilustrasi varian baru Covid-19, Omicron. (Freepik.com)

Solopos.com, SEMARANG — Varian baru Covid-19, B.1.1.529 atau Omicron telah terdeteksi masuk ke wilayah Indonesia. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah atau Pemprov Jateng pun menyikapi kabar masuknya Omicron di Indonesia dengan sederet upaya antisipasi, salah satunya yakni dengan memperbanyak testing dan tracing, terutama melakukan tes sampel dengan whole genome sequencing atau WGS.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, di kantornya, Kamis (16/12/2021). Ganjar pun telah mengimbau kepada jajarannya di berbagai daerah di Jateng agar meningkatkan kewaspadaan menyusul telah terdeteksinya Omicron di Indonesia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Iya, hari ini saya melihat di media, Omicron sudah ditemukan di Wisma Atlet. Maka ini menjadi peringatan untuk kita, apalagi di Jawa agar semua semakin taat protokol kesehatan,” ujar Ganjar di kantornya, Kamis (16/12/2021).

Baca juga: Omicron Masuk RI, Kapasitas Ruang Karantina Pasien Covid-19 Ditambah

Ganjar menambahkan peningkatan kewaspadaan terhadap bahaya persebaran varian Omicron juga harus diikuti dengan memperbanyak testing dan testing, termasuk tes genome.Menurutnya, hal itu ini penting untuk mengetahui pergerakan varian Omicron di wilayah Jateng,

“Tentu di Jateng akan kita giatkan lagi testing dan tracing, kita langsung ambil sampel untuk tes whole genome sequencing sehingga bisa tahu apakah Omicron ini masuk ke Jateng atau tidak,” ujarnya.

Menurut Ganjar, tindakan lain yang harus dilakukan adalah mengunci pintu-pintu masuk ke Indonesia. Pengetatan pintu masuk antardaerah juga harus dilakukan dan dikoordinasikan. “Sudah dikunci saja itu pintu masuknya agar setidaknya sampai Natal dan Tahun Baru ini benar-benar tidak ada mobilitas yang tinggi,” ungkap Ganjar.

Sementara untuk pengetatan pintu masuk ke Jateng, Ganjar mengaku akan dilakukan. Bahkan Polda Jateng sudah menyiapkan 360 titik chek point sebagai skrining awal pelaku perjalanan yang masuk ke wilayah Jateng saat libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 atau Nataru nanti.

Baca juga: Positif Omicron Ketahuan Setelah Petugas Kebersihan Wisma Atlet Sembuh

“Model-model pengetatan dari testing dan tracing itu menurut saya paling utama. Kita juga akan saling pantau antardaerah. Kemarin Polda Jateng juga sudah menyampaikan titik-titik check point. Di tempat itu akan dilakukan testing-testing sehingga kita bisa lebih cepat tahu posisi pergerakan itu,” katanya.

Sekadar informasi, Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin, memastikan varian baru Covid-19, Omicron, telah terdeteksi di Indonesia. Kasus Omicron pertama di Indonesia itu terjadi pada seorang petugas di Wisma Atlet, Jakarta. Selain itu, Kemekes juga mendeteksi ada lima kasus probable atau kemungkinan terinfeksi Omicron di Indonesia, di mana dua di antaranya merupakan WNI yang baru pulang dari luar negeri, dan tiga WNA asal Tiongkok.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya