SOLOPOS.COM - Ilustrasi vaksin Covid-19. (Ilustrasi/Bisnis.com)

Solopos.com, JAKARTA — Omicron di Republik Ceko menjadi varian dominan virus corona penyebab penyakit Covid-19. Hal itu dinyatakan Lembaga Nasional Kesehatan Masyarakat (SZU), Senin (10/1/2022) waktu Ceko.

Negara Eropa tengah yang berpenduduk 10,7 juta jiwa itu memperkirakan gelombang Omicron akan mencapai puncak pada akhir Januari dengan jumlah kasus harian bisa mencapai 50.000 orang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Namun menurut pakar pemerintah dan independen, gambaran seperti itu kemungkinan tidak lengkap karena beban diperkirakan akan muncul pada kapasitas pengujian.

SZU mengatakan Omicron hingga 8 Januari 2022 telah menyumbang lebih dari 50 persen kasus positif Covid-19.

Sampel-sampel yang berasal dari kebanyakan kota besar pada 9 Januari menunjukkan bahwa 70 persen kasus Covid-19 yang muncul disebabkan oleh varian Omicron.

Dalam upaya menurunkan dampak peningkatan jumlah orang yang harus melakukan karantina mandiri, pemerintah sudah berencana untuk mengizinkan mereka yang bekerja di bidang-bidang sangat penting, termasuk layanan darurat, sektor kesehatan dan energi, untuk tetap pergi bertugas.

Baca Juga: RI Catat Kasus Lokal Pertama Covid-19 Omicron, Begini Kronologinya 

Mereka tetap akan diizinkan melaksanakan tugas kendati hasil tes cepat yang mereka jalani menunjukkan positif Covid-19.

Pemerintah juga mempersingkat masa karantina menjadi hanya lima hari bagi orang yang terkena Covid-19 namun tak bergejala.

Sejauh ini, kasus Omicron tidak meningkatkan secara signifikan jumlah harian infeksi.

Jumlah pasien yang dirawat inap juga terus menurun dan gelombang infeksi sebelumnya menyurut.

Pada Minggu (9/1/2022), ada 2.229 orang yang dirawat di rumah sakit. Jumlah itu turun lebih dari 7.000 orang dibandingkan pada awal Desember.

Ceko merupakan salah satu negara di dunia yang mencatatkan angka terburuk menyangkut kematian per kapita selama pandemi. Angka tersebut hingga Minggu mencapai 36.624 jiwa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya