SOLOPOS.COM - Tangkapan layar video yang menampilkan kerusakan di Pantai Depok, Sabtu (16/7/2022). (Instagram @merapi_uncover)

Solopos.com, BANTUL — Sebuah video yang menunjukkan Pantai Depok diterjang gelombang tinggi atau ombak viral di media sosial, Sabtu (16/7/2022). Sejumlah warung makan di pinggir pantai tersebut pun berantakan karena disapu ombak.

Salah satu video yang membagikan peristiwa itu adalah akun Instagram @merapi_uncover, Sabtu. “[Breaking News] Kabar dari Pantai Depok Bantul Yogyakarta saat ini,” tulis akun tersebut dalam caption di Instagram, Sabtu pagi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dalam video tersebut, air laut atau ombak menghantam kompleks warung di Pantai Depok. Akibatnya tenda-tenda dagangan, meja dan kursi warung, hingga bahan makanan untuk dagangan berserakan terbawa air laut.

Bahkan sebuah perahu nelayan ikut terbawa gelombang dan merangsek masuk ke kompleks warung-warung itu. Warga terlihat menyelamatkan diri. Beberapa ada yang mencoba mengambil barang-barang miliknya yang masih dapat diselamatkan.

“Ajur Bos, tujokno neng dhuwur iki [rusak berat bos, beruntung berada di lantai atas ini],” ungkap warga yang merekam kondisi di Pantai Depok saat kejadian.

Baca juga: Gelombang Tinggi Diprediksi Terjang Pesisir Jawa,Pantai di Bantul Aman?

Tadi liat langit kok mendung rata pekat ternyata selatan hujan deres.semoga gk ada korban jiwa,” komentar salah satu warganet melihat tayangan video tersebut.

“Semoga ga ada korban lur,” sambung lainnya.

kasih space buat ombak lurrr . jangan maju² nemen bangun warungnya,” tulis yang lain.

Sudah saatnya pemda bikin peraturan terkait jarak dan batas pendirian bangunan ditepi pantai terutama pantai yang landai, mau sampai kapan hal ini terulang kembali atau bukan tidak mungkin kedepanya bakal jatuh korban yg lebih banyak,” kata lainnya.

Baca juga: Super Full Moon, Banjir Rob Intai Semarang 5 Hari

Kondisi gelombang air laut atau ombak di pantai selatan, termasuk Pantai Depok, sebenarnya sudah diprediksi Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). BMKG Stasiun Meteorologi (Stamet) Yogyakarta International Airport (YIA) telah menginformasikan bahwa gelombang air laut di perairan selatan DIY hari ini termasuk sangat tinggi.

“Tinggi gelombang di perairan Yogyakarta berkisar antara 4.0 – 6.0 m (kategori sangat tinggi),” tulis BMKG berdasarkan update informasi Sabtu pagi pukul 5.30 WIB.

Artikel ini sudah tayang di Harianjogja.com dengan judul Pantai Depok Dihantam Gelombang Tinggi, Warung-Warung Rusak, Dagangan Berserakan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya