SOLOPOS.COM - Lokasi pembangunan ibu kota baru negara di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur. (Bisnis.com)

Solopos.com, JAKARTA—Pemerintah Jepang menyatakan ketertarikannya dalam proyek pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Minat tersebut ditunjukkan dengan perjanjian kerja sama untuk memberikan tenaga ahli dalam proses pembangunannya.

Dalam pertemuan bilateral antara Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, dengan Wakil Menteri Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi, dan Pariwisata (MLIT) Jepang Mizushima dan Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji di sela-sela KTT G20, Rabu (16/11/2022), pemerintah Jepang dan JICA telah menyetujui untuk membantu pembangunan IKN.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Terima kasih kepada Pemerintah Jepang khususnya MLIT dan JICA yang telah membantu kami dengan mengirimkan beberapa tenaga ahli, terutama untuk supervisi pembangunan infrastruktur IKN yang sedang berlangsung,” kata Menteri Basuki.

Baca Juga Jokowi Berharap KTT G20 Bali Hasilkan Kerja Sama Konkret

Menteri Basuki mengungkapkan Kementerian PUPR sudah memulai pembangunan infrastruktur dasar di IKN sejak awal September 2022 lalu, di antaranya pembangunan jalan tol dan jalan nasional, penyediaan air baku, rumah untuk pekerja konstruksi IKN, serta penyiapan lahan siap bangun (land development). Menteri Basuki menegaskan bahwa sesuai arahan Presiden Jokowi untuk mempercepat pembangunan IKN, investor asing juga dapat terlibat misalnya untuk membangun rumah sakit, sekolah, pasar, dan infrastruktur lainnya.

“Diharapkan para pengusaha Jepang bisa ikut berinvestasi dalam pembangunan IKN,” ujarnya.

Wakil Menteri Mizushima mengatakan bahwa Jepang memiliki ketertarikan yang besar terhadap proyek IKN. Berdasarkan permohonan Menteri MLIT, JICA telah mengajukan surat kepada Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis Sumadilaga, untuk melakukan survei di IKN pada akhir November ini.

Baca Juga Tak Akui Rusia, Presiden Ukraina Sebut KTT G20 dengan G19

“Melalui survei ini, kami ingin bertukar pendapat secara aktif dengan Indonesia terkait pembangunan kota berkelanjutan di IKN,” ujar Wakil Menteri Mizushima.

 

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Oleh-Oleh G20, Jepang dan Indonesia Sepakati Kerja Sama di IKN

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya