SOLOPOS.COM - Ilustrasi Okupansi Hotel. (Istimewa/ Nava Hotel)

Solopos.com, SOLO — Okupansi hotel di Solo turut terdongkrak seiring digelarnya turnamen Piala Menpora 2021 yang dipusatkan di Stadion Manahan, Solo, hingga akhir Maret 2021. Meskipun demikian, manajemen tetap mengedepankan protokol kesehatan mengingat masih adanya pandemi Covid-19.

Marketing Communication Jaringan Accor Hotel Solo, Wenny Fitriati, mengatakan bulan ini okupansi hotel sangat terbantu dengan adanya Piala Menpora 2021. Dalam hal ini, para pesepak bola anggota tim peserta turnamen tersebut menginap di Royal Heritage Solo yang merupakan salah satu hotel jaringan Accor.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Iya, alhamdulillah. Tentu ini mendongkrak [okupansi hotel] sekali di masa seperti ini,” ujar dia, kepada Solopos.com, Jumat (26/3/2021).

Baca jugaDuh! Mudik 2021 Dilarang, Padahal sudah Ada yang Pesan Hotel di Solo untuk Lebaran

Wenny menjelaskan ada empat tim yang tinggal di hotelnya, yakni Barito Putra, Persikabo 1973, Arema FC, dan PSIS Semarang. Menurutnya, para pemain peserta turnamen tersebut menginap cukup lama, yakni 19 - 30 Maret 2021. Sedangkan masing-masing tim menempati 17 kamar. Sementara setiap kamar diisi dua orang. Tentu ini cukup mendongkrak okupansi hotel.

Meskipun demikian, pihaknya berkomitmen untuk tetap memberlakukan protokol kesehatan, khususnya di area hotel. Sedangkan untuk tamu yang menginap, mereka dicek suhu tubuhnya, cuci tangan, memakai masker, dan tetap menjaga jarak.

Di sisi lain, penerapan prokes ini makin meyakinkan dengan hotel yang telah mengantongi sertifikat clean, healthy, safety, and enviroment (CHSE) dan All Safe dari Accor. “Sedangkan rombongan wasit menginap di Novotel. Mereka ada di tujuh kamar cukup mendongkrak okupansi hotel,” imbuh dia.

Baca jugaAwkarin Beli Hotel, Warganet Berkomentar Lucu Begini

Membawa Berkah

General Manager The Sunan Hotel Solo, Retno Wulandari, mengatakan ada pergerakan positif yang mampu mendongkrak revenue hotel, salah satunya adalah adanya Piala Kemenpora. Kendati demikian okupansi hotel memang masih fluktuatif, yakni sekitar 30% - 50%.

“Kemarin ada Menpora dan rombongan juga di sini. Mereka ke Solo dalam rangka Piala Menpora. Tentunya adanya turnamen tersebut membawa berkah pada bisnis perhotelan di Kota Solo,” ungkap dia.

Retno menyebut okupansi hotel di Solo memang belum kembali normal. Namun demikian, sejumlah kegiatan baik dari pemerintahan maupun korporasi cukup menggeliatkan bisnis hotel.

“Januari masih low season sekali, Februari bergerak sedikit demi sedikit, dan Maret cukup oke. Apalagi sekarang ada vaksin, tentunya semakin membantu karena orang makin yakin,” jelas dia.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya