SOLOPOS.COM - Kapolresta Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak. (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Laga Piala Presiden 2022 antara Persis Solo melawan PSIS Semarang di Stadion Manahan Solo pada Selasa (21/6/2022) diwarnai insiden melibatkan anggota organisasi masyarakat atau ormas yang membawa senjata tajam.

Diungkapkan Kapolresta Solo, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, kejadian itu bermula ketika aparat keamanan menyiapkan tempat-tempat parkir untuk kendaraan para suporter. Tempat-tempat parkir sengaja disiapkan terpisah untuk Pasoepati dan suporter PSIS Semarang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Hal tersebut dilakukan agar dua kelompok suporter tidak saling bertemu, sehingga bisa mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

“Jadi sudah kami alokasikan tempat-tempat parkir untuk diakses masing-masing suporter baik dari Pasoepati maupun dari PSIS Semarang. Namun ada dari ormas tertentu yang memaksa ingin mengambil alih lokasi parkir dimaksud,” terang Ade saat diwawancarai wartawan, Selasa sore.

Menurutnya, saat itu petugas keamanan langsung mengingatkan anggota ormas yang membawa senjata tajam di tempat parkir Stadion Manahan Solo saat berlansung pertandingan Piala Presiden 2022 tersebut. Namun terjadi perlawanan di mana anggota ormas itu justru mengeluarkan senjata tajam atau sajam.

Baca Juga: Dibuka di Stadion Manahan Solo, Begini Pengamanan Piala Presiden 2022

Mengetahui hal itu petugas keamanan langsung melakukan tindakan tegas terukur. “Pada saat diingatkan oleh petugas terjadi perlawanan, mengeluarkan sajam, dan kami langsung lakukan penangkapan. Kami proses semua, sudah kami bawa ke Mapolresta Solo untuk dilakukan penyidikan lebih lanjut,” sambung Ade.

Tindakan Tegas

Insiden tersebut, menurut Kapolresta, terjadi di tempat parkir di luar Stadion Manahan. Dia menegaskan semua potensi yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat selama ajang Piala Presiden 2022 dilakukan tindakan tegas oleh polisi.

Ade menegaskan tidak segan-segan untuk melakukan tindakan tegas terhadap pihak mana pun yang berusaha memprovokasi situasi dan mengganggu kondusivitas. Dia berharap Piala Presiden 2022 di Stadion Manahan Solo berlangsung aman tanpa ekses.

Baca Juga: Susunan Pemain Persis Solo Vs PSIS Semarang, Piala Presiden 2022

“Kami sekali lagi tidak akan segan-segan menindak tegas siapa saja yang berusaha memprovokasi situasi sehingga tidak kondusif. Kami berharap Piala Presiden sukses tanpa ekses. Mohon kerja sama semua pihak,” serunya.

Ihwal lokasi parkir yang akan diambil alih oknum anggota ormas tersebut, menurut Ade, berada di bagian belakang Stadion Manahan. Belum diketahui pasti berapa orang anggota Ormas yang ditangkap kepolisian maupun barang bukti sajam yang disita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya