SOLOPOS.COM - Aplikasi Jalan Cantik untuk melaporkan kerusakan jalan di Jawa Tengah.

Solopos.com, SEMARANG — Masyarakat Jawa Tengah kini bisa melaporkan kondisi jalan rusak kepada pemerintah dengan mudah. Laporan bisa disampaikan melalui aplikasi Jalan Cantik yang dapat diunduh di Google Play Store.

Hal tersebut dijelaskan Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, melalui akun Twitter pribadinya, @ganjarpranowo pada 14 Desember 2020. Meski demikian, ternyata masih banyak warga Jateng yang belum mengetahui adanya aplikasi tersebut.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca juga: Soal Jalan Rusak di Jateng, Ganjar: Jangan Sampai Rakyat Celaka!

Ganjar pun kembali mengingatkan soal aplikasi Jalan Cantik melalui cuitannya, Jumat (21/1/2022). Penjelasan itu disampaikan dengan mengunggah video laporan serta perbaikan jalan rusak di Kabupaten Banjarnegara.

“Temen2 PDI Perjuangan Banjarnegara dan temen2 DPRD kab. Banjarnegara makasih ya sudah mengingatkan. Sebenarnya untuk keluhan jalan di seluruh wilayah Jateng, temen2 bisa langsung melaporkan di aplikasi Jalan Cantik.” jelasnya dalam kicauan yang diunggah, Jumat (21/1/2022).

Baca juga: Ada Jalan Rusak di Jawa Tengah, Segera Lapor Via Aplikasi Jalan Cantik

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, meminta kondisi jalan rusak segera dilaporkan agar bisa ditindaklanjuti. Dia menegaskan kerusakan tersebut jangan sampai membuat masyarakat celaka.

Hal itu disampaikan Ganjar Pranowo saat meninjau kondisi jalan rusak di ruas Wanayasa-Kalibening M 91-500. Jalan rusak itu merupakan jalur penghubung antara Banjarnegara dengan Pekalongan.

Dia menegaskan segala keluhan tentang kondisi jalan rusak di Jawa Tengah sebisa mungkin segera dilaporkan melalui aplikasi Jalan Cantik.

“Dalam kondisi seperti ini jangan sampai rakyat celaka. Jangan sampai rakyat celaka karena jalan berlubang,” tegasnya dalam video inspeksi mendadak di Banjarnegara yang diunggah di akun Twitter @ganjarpranowo, Jumat (21/1/2022).

Baca juga: Kejam! Rebutan HP, Bocah di Banjarnegara Dibunuh Sepupu

Jalan Cantik

Dikutip dari laman Jatengprov.go.id, Jalan Cantik adalah aplikasi yang berfungsi untuk melaporkan kerusakan jalan dan jembatan di wilayah Jawa Tengah. Aplikasi ini dikelola DPU Bina Marga Cipta Jateng sebagai layanan kepada masyarakat.

Setiap warga Jateng bisa melaporkan kerusakan jalan atau jembatan yang dilihat melalui aplikasi yang bisa diunduh di Google Play Store. Laporan yang dikirim akan ditindaklanjuti. Jika kewenangan jalan itu berada di kabupaten, maka akan dikoordinasikan lebih lanjut.

Sementara jika termasuk jalan provinsi atau nasional, maka laporan segera ditindaklanjuti. Anda bisa memantau progres laporan dari perbaikan hingga selesai melalui aplikasi. Laporan penanganan dari pengaduan yang disampaikan nantinya akan diunggah ke media sosial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya