SOLOPOS.COM - Abah Lala menerima penghargaan dari Menkumham Yasonna Laoly. (Instagram/@kemenkumhamri)

Solopos.com, SOLO — Lagu viral Ojo Dibandingke ciptaan Agus Purwanto alias Abah Lala mengantarkan Farel Prayoga menjadi Duta Kekayaan Intelektual dari Kemenkumham.

Berkat lagu tersebut, Abah Lala pun meraih penghargaan berupa Surat Pencatatan Ciptaan dari Menteri Hukum dan Ham, Yasonna Laoly.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Penyerahan penghargaan itu dilaksanakan pada Malam Syukuran dan Anugerah Hari Kemenkumham HDKD ke-77, Kamis (18/8/2022).

Abah Lala pun mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang menerima lagunya dengan gembira.

“Buat teman-teman, khususnya pencinta musik Jawa, pelaku seni Jawa, semangat!” katanya seusai mendapatkan penghargaan tersebut dalam video yang diunggah di akun Instagram @abahlalareal.

Baca juga : Festival Balekambang Solo Hari Ini Dibuka, Dimeriahkan Abah Lala

Menkumham Yasonna Laoly mengatakan, penampilan Farel Prayoga membawakan lagu Ojo Dibandingke ciptaan Abah Lala di Istana Merdeka pada perayaan HUT ke-77 RI, Rabu (17/8/2022) memiliki hak kekayaan intelektual (HAKI).

“Dalam UU Kekayaan Intelektual, performance itu dapat dicatatkan. Jadi tidak hanya pencipta lagu, performing arts, show, itu dapat dicatatkan. Maka kita catatkan show atau penampilan Farel yang ada di Istana Negara. Dengan demikian hak kekayaan intelektualnya ada sama Farel. Nanti kalau diputar oleh pihak lain begitu, LMKN akan menagih royaltinya. Keuntungan dari royalti yang dipungut oleh LMKN akan diberikan kepada pencipta lagu, Abah Lala. Royalti performingnya kepada Farel,” katanya.

Baca juga : Abah Lala Nyanyikan “Ojo Dibandingke” Dua Kali

Hal ini bisa disebut sebagai pencapaian tertinggi Abah Lala dengan lagu Ojo Dibandingke yang viral.

Setelah dibawakan Farel Prayoga, penyanyi cilik asal Banyuwangi, Jawa Timur, di Istana Merdeka, lagu itu pun menjadi semakin terkenal.

Hampir di semua tempat mengumandangkan lagu tersebut. Mulai dari jalanan hingga rumah makan yang cukup besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya