ODHA Wonogiri Butuh Bantuan Rumah Singgah

KDS Gajah Mungkur berharap Pemkab Wonogiri menyediakan rumah singgah bagi ODHA.
SHARE
ODHA Wonogiri Butuh Bantuan Rumah Singgah
SOLOPOS.COM - Ilustrasi ODHA. (Freepik)

Solopos.com, WONOGIRI—Belasan orang dengan HIV-AIDS (ODHA) di Wonogiri menghadapi tantangan untuk mengakses layanan rawat jalan di RSUD dr. Moewardi Solo. Kelompok Dukungan Sebaya (KDS) Gajah Mungkur berharap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri menyediakan selter atau rumah singgah.

Ketua KDS Gajah Mungkur, Achmad Sulistyo, mengatakan ada belasan ODHA dengan kategori lini 2 yang harus menjalani rawat jalan ke RSUD dr. Moewardi setiap periode. Para pasien tidak memiliki kendaraan pribadi dan mengakses transportasi umum.

PromosiOrang Solo Suka Belanja Gadget di Tokopedia, Seller Untung 2 Kali Lipat

“Ada jaminan kesehatan namun biaya akomodasi ditanggung pasien apalagi rumahnya jauh-jauh. Kalau kesorean kan tidak ada transportasi umum bisa menginap dulu di selter. Rumah teman-teman ini tidak sekali naik kendaraan tetapi ganti-ganti kendaraan umum,” kata dia, Rabu (1/12/2021).

Baca Juga: Produksi Kakao 402 Ton/Tahun, Wonogiri Tak Punya Pabrik Pengolah Kakao

Dia mengatakan para anggota berada di sejumlah kecamatan, antara lain Jatiroto dan Nguntoronadi. Selain memiliki masalah kesehatan, ODHA yang rawat jalan di RSUD dr. Moewardi terdampak ekonomi.

“Teman-teman ini ekonomi di bawah, istilahnya lumbung pangan saja rekasa terus harus mengeluarkan biaya akomodasi,” jelasnya.

Dia berharap Pemkab Wonogiri menyediakan rumah singgah bagi ODHA. Selter juga berguna untuk menampung ODHA yang tidak diterima keluarganya.

Baca Juga: Pasien HIV-Covid-19 Tidak Ditemukan di Wonogiri

Sejumlah ODHA membutuhkan pendampingan KDS Gajah Mungkur setiap hari tetapi terkendala jarak yang jauh, antara lain ODHA dengan tuberkulosis.

Sekretaris KPA Kabupaten Wonogiri Suprio Heryanto mengatakan Wonogiri belum memiliki selter untuk ODHA. Penyediaan selter terkendala dengan anggaran.

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago