SOLOPOS.COM - Wajah salah satu sudut taman parkir kawasan Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri. SOLOPOS/Rudi Hartono

Solopos.com, WONOGIRI — Seluruh objek wisata di Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah akan buka selama libur Lebaran 2022.

Kebijakan pemerintah pusat mengizinkan mudik Lebaran 1443 H/2022 M disambut baik para perantau. Provinsi Jawa Tengah menjadi daerah tujuan pemudik terbanyak, yaitu 23,5 juta jiwa.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Wakil Bupati Wonogiri, Setyo Sukarno, mengatakan pemudik Wonogiri diprediksi mencapai sekitar 300.000 jiwa pada Lebaran 2022 ini.

Kedatangan pemudik di Wonogiri tersebut akan berimbas pada sejumlah sektor, salah satunya pariwisata. Sejumlah objek wisata di Wonogiri akan dibanjiri pengunjung saat libur Lebaran 2022.

“Semua objek wisata di Wonogiri akan dibuka, tanpa kecuali. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri sudah koordinasi dengan TNI dan Polri untuk melalukan pengamanan dan antisipasi di sejumlah objek wisata,” kata Setyo saat ditemui wartawan di kantor Wakil Bupati, Selasa (26/4/2022).

Baca Juga : Tak Hanya Sunrise, Anda Bisa Lihat Ini dari Bukit Glodakan Wonogiri

Dia memprediksi kaum boro Wonogiri yang pulang ke Kota Sukses itu akan memadati objek wisata.

Kendati demikian, dia menekankan penerapan protokol kesehatan di objek wisata. Aplikasi PeduliLindungi akan digunakan di objek wisata Wonogiri.

Salah satu objek wisata yang diprediksi diserbu pengunjung adalah Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur (OW WGM) Wonogiri. Waduk Gajah Mungkur merupakan wisata unggulan di Wonogiri.

Sebelumnya, Kepala UPT Objek Wisata Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Wonogiri, Pardiyanto, mengatakan Waduk Gajah Mungkur sudah melakukan persiapan menyambut libur Lebaran 2022. Salah satunya dengan membenahi sejumlah fasilitas di Waduk Gajah Mungkur.

Baca Juga : Berburu Spot Sunrise Berlatar Gunung Lawu dari Bukit Glodakan Wonogiri

“Yang paling kentara lokasi parkir. Dulu lokasi parkir sempit sekali. Sekarang ada penambahan lokasi parkir di sebelah barat. Luasnya kurang lebih satu hektare,” kata Pardiyanto, saat ditemui Solopos.com baru-baru ini.

Lebih lanjut, Pardiyanto menyebut lokasi parkir saat ini mampu menampung 200 mobil dan 500 motor dalam waktu bersamaan. Lapangan dalam Waduk Gajah Mungkur juga akan disiapkan sebagai lokasi parkir saat libur Lebaran.

“Maka jika dihitung, Waduk Gajah Mungkur mampu menampung 1.200 mobil dan 6.000 motor dalam sehari. Dengan asumsi, tiap kendaraan parkirnya maksimal tiga jam,” ujarnya.

Tidak hanya itu, wahana bermain di Waduk Gajah Mungkur turut dibenahi. Sejumlah wahana mulai dioperasionalkan agar kondisinya tetap terawat dan dipastikan aman.

Baca Juga : Pura Puncak Jagad Spiritual Wonogiri, Tempat Ibadah Sekaligus Wisata

Wahana tersebut, di antaranya kereta mini, kolam renang, ontang-anting, dan wahana perahu wisata.

“Pengelola akan tetap berupaya untuk menjaga dan mengawasi penerapan protokol kesehatan. Pengunjung wajib memakai masker ketika memasuki area Waduk Gajah Mungkur. Aplikasi PeduliLindungi mungkin juga akan digunakan,”ungkapnya.

Terkait keamanan pengunjung dan pengamanan lalu lintas, pengelola Waduk Gajah Mungkur akan bekerja sama dengan sejumlah instansi, seperti SAR, Satpol PP, dan TNI/POLRI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya