SOLOPOS.COM - Ribuan pengunjung terlihat memadati kawasan Pantai Baron saat pelaksanaan tradisi padusan, Minggu (5/6/2016). (David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja)

Puluhan ribu wisatawan memadati sejumlah objek wisata selama libur panjang akhir pekan kemarin.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Libur panjang akhir pekan selama tiga hari terakhir, Pemerintah Kabupaten Gunungkidul memperoleh pendapatan retribusi wisata sebanyak Rp572 juta. Tercatat puluhan ribu wisatawan memadati sejumlah objek wisata selama libur panjang akhir pekan kemarin.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul, Hary Sukmono mengatakan ada sebanyak 64.968 wisatawan yang  mengunjungi sejumlah objek wisata di Gunungkidul selama libur panjang akhir pekan tiga hari terakhir. Pendapatan yang didapatkan pun lebih besar dari pada libur panjang dua pekan lalu.

Jumlah kunjungan masih didominasi oleh wisata pantai yang mencapai 80% dari total kunjungan. Sementara sisanya sebesar 20% berasal dari obyek wisata Gunung Api Purba Nglanggeran, dan obyek wisata minat khusus lain seperti Gua Pindul.

“Total selama libur tiga hari, kami mendapatkan Rp572,8 juta dari retribusi di sejumlah objek wisata,” kata dia, Senin (24/4/2017).

Menurut Hary, jumlah wisatawan paling banyak di kawasan pantai, mulai dari Pantai Baron, Kukup, Karakal, dan Pulang Sawal atau yang lebih dikenal dengan Pantai Indrayanti. Tercatat pada Senin (24/4/2017) ada sebanyak 16.024 wisatawan dengan total pendapatan Rp154 juta dari seluruh objek wisata. Sementara kunjungan terbanyak terjadi pada Minggu (23/4/2017), yakni sekitar 44.000 wisatawan.

Dia menambahkan jumlah kunjungan dan pendapatan yang diperoleh itu jauh melebihi target. Pasalnya pihaknya hanya menargetkan 50.000 pengunjung pada libur panjang ahir pekan ini. “Melebihi target karena sekarang malah 60.000 lebih wisatawan yang datang,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya