SOLOPOS.COM - Suasana di Objek Wisata Gunung Kemukus, Desa Pendem, Kecamatan Sumberlawang, Sragen, Sabtu (12/2/2022). (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SRAGEN — Diperkirakan ada 608.571 pemudik yang akan datang ke Sragen selama arus mudik Lebaran 2022 ini. Destinasi wisata di Bumi Sukowati seperi Gunung Kemukus, Sangiran, dan Bayanan diperkirakan akan jadi tujuan wisata para pemudik selama di kampung halaman di Sragen.

Terkait hal tersebut, Pemkab Sragen mulai melakukan sejumlah antisipasi agar tidak terjadi kemacetan dan kepadatan lalu lintas di kawasan wisata.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Yang perlu diwaspadai dalam momentum Lebaran itu terletak pada objek wisata. Kalau di Sragen ada New Kemukus [brand baru dari Objek Wisata Gunung Kemukus], Sangiran, dan Bayanan,” ujar Kabid Lalu Lintas Dishub Sragen, Davit Hendrata, kepada Solopos.com, Selasa (12/4/2022).

Baca Juga: Pemkab Sragen Lirik 3 Desa Ini untuk Menunjang Wisata New Kemukus

Namun, di antara destinasi wisata yang ada, perhatian lebih ada di New Kemukus. Sehingga diprediksi banyak pengunjung dari berbagai daerah berdatangan ke destinasi yang berada di Kecamatan Sumberlawang itu dan bisa berpotensi macet di Jembatan Barong.

“Kami akan menyiapkan lahan parkir sebelum masuk jembatan dan rekayasan di simpang tiga Barong,” jelasnya.

Untuk objek wisata lainnya, ujar dia, masih relatif bisa terkendali. Selain itu, seputaran Gemolong juga menjadi perhatian Davit. Jalur-jalur di Gemolong juga perlu dilakukan rekayasa lalu lintas supaya tidak terjadi kemacetan.

Baca Juga: Niat Operasi Pekat di New Kemukus Sragen, Polisi Malah Menemukan Ini

Data dari Kementerian Perhubungan, diprediksi ada 21,3 juta pemudik yang akan masuk wilayah Jawa Tengah. Dari angka 21,3 juta itu bila dibagi 35 kabupaten/kota di Jateng maka potensi pemudik yang masuk masing-masing daerah, termasuk Sragen mencapai 608.571 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya