SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Pergantian cuaca seperti saat ini biasanya memengaruhi kondisi tubuh seseorang, terlebih bagi kondisi fisik yang tidak prima. Salah satu penyakit yang sering dikeluhkan adalah batuk berdahak.

Praktisi herbal, Hafidzullah Amin menjelaskan batuk berdahak membuat penderita merasa tidak nyaman. Gangguan yang biasa dikeluhkan antara lain sesak nafas, panas, gatal pada tenggorokan, dan dahak yang keluar, sehingga terkadang membuat stres penderitanya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Penyakit ini memang menjengkelkan. Kendati saat ini di pasaran tersedia berbagai jenis obat batuk, namun tidak ada ruginya jika mencoba memakai bahan sederhana yang ada di sekitar kita. Salah satunya menggunakan serai,” ujarnya saat ditemui Harian Jogja di tokonya Jl. Purwadiningratan, Jogja, Selasa (1/5).

Serai merupakan tanaman rumput-rumputan yang biasa digunakan sebagai pelengkap bumbu dapur. Tumbuhan yang beraroma harum ini memiliki khasiat mengatasi batuk berdahak.

Pengelola toko Grosir Herbal ini menambahkan herbal ini merupakan ramuan warisan turun-temurun. Belakangan khasiatnya juga diteliti secara ilmiah yang ternyata aman dikonsumsi sebagai obat batuk.
Herbal ini mengandung ekstrak bahan alami yakni sitronelol dan geranial yang merupakan komponen utama mengatasi batuk. Selain itu, serai juga mengandung minyak asiri sebagai peluruh dahak, serta memberikan rasa hangat dan melegakan tenggorokan.

Serai juga memiliki sifat antiradang sehingga bisa mengatasi batuk pada sumbernya, yakni peradangan di saluran napas. Herbal ini sangat mudah diolah, caranya siapkan beberapa gram akar serai, kemudian dicuci bersih, setelah itu rebus dengan satu gelas air kira-kira 15 menit. Setelah dingin baru dapat dikonsumsi. Minuman herbal ini dapat dikonsumsi sehari satu gelas.

Alternatif lain dapat dengan mengonsumsi produk Navita yang telah dikemas dalam kapsul dan dapat dikonsumsi satu hingga dua kapsul setiap hari. Produk ini tidak memiliki efek samping.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya