SOLOPOS.COM - ilustrasi

ilustrasi

Rematik merupakan salah satu penyakit yang  bisa diderita siapa saja. Penyakit ini menyerang sendi yang menimbulkan rasa nyeri. Kondisi ini pastinya sangat mengganggu, namun kumis kucing dapat mengatasinya.

Promosi Riwayat Banjir di Semarang Sejak Zaman Belanda

Praktisi herbal Bagus Saputra menjelaskan dalam tingkat yang parah rematik dapat menimbulkan kecacatan tetap. Yang terparah, menyebabkan ketidakmampuan dan penurunan kualitas hidup. Rematik merupakan suatu sindrom dengan tiga keluhan utama, yaitu nyeri, kaku, dan kelemahan sendi .

“Penyakit ini menyerang semua sendi tapi yang paling sering diserang adalah sendi di pergelangan tangan, buku-buku jari, lutut dan engkel kaki. Sendi-sendi lain yang juga mungkin diserang adalah tulang belakang, pinggul, leher, bahu, dan rahang,” jelasnya saat ditemui Harian Jogja, di Karangbendo, Caturtunggal, Depok, Sleman, kemarin (30/5).

Saputra menambahkan, rematik juga dapat memengaruhi  organ tubuh lain, seperti jantung, pembuluh darah, kulit, dan paru- paru. Penyebab penyakit ini sampai saat ini belum diketahui, namun diduga dipicu kombinasi berbagai faktor, termasuk kerentanan genetik, infeksi virus atau perubahan hormon.

Faktanya perempuan lebih mungkin terkena penyakit rematik dibandingkan laki-laki. Pada wanita yang sudah terkena rematik, kehamilan dan menyusui dapat memperburuk kondisinya. Namun tak perlu cemas, karena ada herbal alami yang dapat mengatasinya.

Belum banyak yang menyadari manfaat kumis kucing. Tumbuhan ini merupakan tanaman berkhasiat untuk mengatasi rematik. Kandungan ortosifonin dan garam kalium (terutama pada daunnya) merupakan komponen utama yang membantu larutnya asam urat.

Kumis kucing biasa ditemui di daerah dataran rendah dengan tanah yang subur dan curah hujan yang cukup. Tumbuhan ini memiliki batang yang basah dan tegak. Bagian bawahnya berakar dan daunnya berbentuk bundar telur atau belah ketupat yang dimulai dari pangkalnya.

Ciri khas yang dimiliki tanaman obat ini berada pada bagian kelopak bunga berkelenjar yang urat dan pangkalnya berbulu pendek dan jarang. Daun  keringnya bisa dijadikan obat rematik dengan cara diolah jamu atau ramuan yang bisa dikonsumsi secara teratur.

Caranya ambil daun kumis kucing beserta bunganya dan rebus dengan air sebanyak tiga gelas. Rebus sampai airnya tersisa setengahnya. Jadikan air rebusan sebagai minuman untuk mengatasi rematik.

Menyembuhkan rematik juga dapat menggunakan alternatif lain yakni menggunakan ekstrak kumis kucing produk Griya Herbal yang telah dikemas dalam bentuk kapsul. Produk ini 100% aman dikonsumsi setiap hari sesuai dengan anturan pakai hingga rematik sembuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya