SOLOPOS.COM - Kencur ilustrasi

Kencur ilustrasi

Pegal linu bisa menyerang daerah leher, punggung, lengan, kaki, serta pundak. Hal ini membuat seseorang tidak nyaman beraktivitas sehari-hari. Ternyata keluhan seperti ini dapat diatasi dengan kencur.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Praktisi herbal, Sugiyo menjelaskan pegal linu disebabkan otot tegang karena pekerjaan yang terlalu berat. Gerakan atau posisi yang menyebabkan otot tertarik juga bisa menjadi pemicunya.

“Rasa tak nyaman ini juga dipicu jika seseorang duduk terlalu lama, kurang olahraga, salah posisi dalam beraktivitas, serta akibat emosi,” ujarnya saat ditemui Harian Jogja di tokonya Penggung, Hargorejo, Kokap, Kulonprogo, belum lama ini.

Pegal-pegal di tubuh yang disertai rasa nyeri kemungkinan disebabkan beberapa faktor seperti penumpukan asam laktat di otot, serta kurangnya fleksibilitas tubuh. Meski begitu rasa pegal linu ini bisa diatasi dengan mudah, yakni menggunakan rimpang kencur.

Kenncur memiliki daging buah berwarna putih dan kulit luarnya berwarna coklat. Jumlah helaian daunnya tidak lebih dari dua hingga tiga lembar dengan susunan berhadapan. Selain ditanam di kebun, kencur juga dapat di tanam di dalam pot.

Rimpang kencur yang mempunyai aroma spesifik tersebut mengandung pati, mineral, dan minyak asiri berupa sineol, asam metil kanil dan penta. Ekstrak metanol rimpang ini dapat melawan penyakit yang berhubungan dengan sistem syaraf.

Tumbuhan yang memiliki nama latin Kaempferiae rhizome ini bersifat antiinflamasi (antiradang) dan analgesik (penghilang rasa sakit). Kencur juga menghangatkan badan sehingga dapat melebarkan pembuluh darah. Selain itu, herbal ini bisa mengurangi letih dan menyegarkan badan.

“Pegal linu dapat diatasi dengan mengonsumsi kencur yang telah diolah menjadi minuman beras kencur. Herbal ini dapat dibuat sendiri di rumah. Bahan-bahannya juga mudah didapat,” ujarnya.

Caranya, tumbuk beras, kencur, jahe, dengan halus atau bisa dipergunakan blender dengan bantuan sedikit air. Selanjutnya rebus air bersama gula merah dan garam hingga mendidih. Masukkan beras, kencur, dan jahe yang sudah ditumbuk halus tadi, lalu didihkan dan saring. Beras kencur siap dihidangkan.

Alternatif lain dapat menggunakan produk Gula Semut Sumber Rejeki. Minuman herbal ini dapat dikonsumsi setiap saat tanpa ada efek samping karena terbuat dari bahan alami.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya