SOLOPOS.COM - daun sirsak (astaga.web.id)

daun sirsak (astaga.web.id)

Khasiat daun sirsak sebagai bahan herbal penyembuh kanker sudah seringkali terdengar. Namun, secara jelas penjelasan mengenai penggunaannya bisa jadi belum banyak diketahui masyarakat pada umumnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tumbuhan dengan nama latin Annona muricata L menghasilkan buah segar dengan rasa manis asam yang banyak kandungan vitamin. Ternyata, selain buah yang menyehatkan, daun pohon sirsak memiliki khasiat untuk menghalau kanker.

Herbalis di Jogja, Broto Sudibyo mengatakan, daun sirsak mengandung acetogenins yakni zat anti kanker. Kandungan-kandungan lain yang terkandung juga baik digunakan untuk pengobatan tradisional.

“Dari kandungan yang ada, daun sirsak dipakai untuk mengobati berbagai jenis penyakit terutama kanker, juga penyakit kronis lain seperti kesehatan jantung, menguatkan syaraf dan menurunkan tekanan darah,” katanya, kemarin (7/6).

Dikatakan Broto, daun sirsak memiliki sifat menghambat pertumbuhan bakteri dan perkembangan virus di dalam tubuh. Bahkan, kandungan zat antikanker yang dimiliki telah diyakini khasiatnya jauh lebih besar dibandingkan dengan kemoterapi.

Ekstrak daun sirsak disebut pula mampu memperlambat pertumbuhan kanker yang dengan penggunaan efektif akan menyerang dan menghancurkan sel-sel kanker.

Meski penggunaan obat-obatan tradisional atau herbal dikenal tidak memiliki efek samping, disarankan tetap harus bijak dalam penggunaannya. Karena, kata Broto, bukan tidak mungkin penggunaan terhadap tanaman obat yang berlebihan justru bisa menjadi racun dalam tubuh yang bisa memicu timbulnya penyakit lain.

Warga Gowok, Olivia, 26, pernah menderita kanker payudara. Ia mengaku mengetahui penyakit itu saat melakukan terapi kesehatan di rumah herbal di daerah Bantul. “Awalnya tidak percaya, lalu saya ke dokter dan dibilang ada tumor, bakal kanker,” katanya, Rabu (6/6).

Untuk pengobatan, ia tidak segera melakukan tes kesehatan dan konsumsi obat-obat medis. Olivia menceritakan pengobatan yang dilakukan justru lewat konsmsi herbal. “Saya browsing dan tahu manfaat daun sirsak, lalu saya ketemu dengan ahli herbal dan mengatakan yang sama kalau daun sirsak bisa menyembuhkan,” lanjutnya.

Sebagai pihak yang telah membuktikan khasiat daun sirsak, Olivia mengatakan, penggunaan herbal untuk pengobatan tetap harus diperhatikan. Jika tidak yakin sebaiknya berkonsultasi dengan ahli dibidangnya yang mengetahui lebih banyak tentang obat-obatan tradisional. “Umumnya konsumsi dengan hitungan jumlah daun ganjil seperti tiga lembar daun, tujuh atau sembilan,” ujar dia.

Untuk penggunaannya, biasanya sejumlah daun dicuci bersih dan direbus dengan air takaran secukupnya. Sari air rebusan daun sirsak diminum dua kali sehari pada pagi dan sore hari dalam masa penyembuhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya