SOLOPOS.COM - Daun Saga en.wikipedia.org)

Daun Saga en.wikipedia.org)

Sariawan memang bukan penyakit yang serius, tapi kondisi ini sangatlah mengganggu karena menyulitkan untuk makan dan berbicara. Penyakit ini tidak hanya dapat diatasi dengan vitamin C, juga daun saga.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sariawan merupakan radang yang terjadi di daerah mukosa mulut. Biasanya berupa bercak putih kekuningan dengan permukaan yang agak cekung, jumlahnya bisa satu atau lebih. Penyakit ini biasanya menyerang daerah mukosa pipi bagian dalam, bibir bagian dalam, lidah, gusi serta langit-langit dalam rongga mulut.

“Kondisi ini disebabkan jamur pada mulut dan saluran kerongkongan. Beberapa faktor pemicunya, antara lain menurunnya sistem kekebalan tubuh, atau alergi yang disebabkan kopi, cokelat, keju, atau kacang-kacangan,” ujar praktisi herbal, Hafidzullah Amin saat ditemui Harian Jogja di tokonya Jl. Purwodiningratan, Jogja, Minggu (13/5).

Salah satu jenis tanaman herbal yang bermanfaat untuk mengobati atau mencegah sariawan adalah daun saga. Tumbuhan yang memiliki nama latin Abrus Precatorius ini, bagi masyarakat Indonesia dikenal dengan banyak nama. Masyarakat Jawa menyebutnya saga telik, di Aceh dinamakan thaga sedangkan di Sunda disebut leutik.

Hafid menjelaskan, daun saga termasuk jenis tumbuhan perdu dengan batang berukuran kecil dan merambat pada inang. Tumbuhan ini tumbuh secara liar di hutan, ladang atau sengaja dipelihara di pekarangan. Tanaman itu sangat majemuk, berbentuk bulat telur serta berukuran kecil-kecil.

Tampilannya menyerupai daun tamarindus indica dengan rasa agak manis. Daunnya memiliki kandungan kimia berupa glycyrrhicic acid, serta mempunyai sifat penyejuk pada kulit dan selaput lendir. Daun ini juga mempunyai efektivitas ekspektoran yang diyakini mengandung glicerin yang memicu mukosa dari trakea. Tak heran jika daun saga secara tradisional digunakan untuk mengobati panas dalam dan sariawan.

Herbal ini dapat dikonsumsi secara langsung dengan di kunyah atau air rebusannya dijadikan obat kumur. Caranya mengolahnya beberapa lembar daun saga dicuci bersih, lalu dijemur selama beberapa menit agar agak layu. Setelah dibersihkan, daun saga dapat dikunyah langsung sampai halus lalu di utahkan.

Pengelola toko obat herbal, Grosir Herbal ini menambahkan selain dengan dikunyah, daun yang memiliki rasa agak manis ini bisa juga dibuat ramuan untuk berkumur. Caranya ambil sekitar 10 gram daun saga segar yang telah dicuci bersih, kemudian rebus dengan setengah liter air hingga matang. Bisa juga ditambahkan kayu manis, daun sirih, gula batu atau madu secukupnya. Air rebusan inilah yang digunakan untuk berkumur selama beberapa saat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya