SOLOPOS.COM - Bangle (aboutherbal.wordpress.com)

Bangle (aboutherbal.wordpress.com)

Saat sakit kepala menyerang, kegiatan menjadi terganggu. Biasanya orang langsung mengonsumsi obat-obatan untuk meredakannya, namun kini ada cara lain yang mungkin bisa menjadi pilihan yakni dengan rimpang bangle.

Promosi Wealth Management BRI Prioritas Raih Penghargaan Asia Trailblazer Awards 2024

Praktisi herbal Hafidzullah Amin menjelaskan kadang sebagian orang menganggap sakit kepala bukan hal yang membahayakan. Bahkan banya di antaranya yang menganggap penyakit ini adalah gejala sakit ringan yang biasa terjadi. Tapi jika dibiarkan terlalu lama, bisa jadi sakit kepala ini menjadi tanda penyakit yang serius.

“Banyak faktor yang memicu penyakit ini, di antaranya infeksi virus di rongga hidung, kurang tidur, konsumsi kafein atau obatan tertentu secara berlebih,” jelasnya saat ditemui Harian Jogja di tokonya Jl. Purwodiningratan 1/914, Jogja, belum lama ini.

Ada pula faktor lain, seperti stres, rasa khawatir atau takut yang berlebihan juga dapat menyebabkan sakit kepala. Biasanya rasa sakit yang dirasakan mulai dari bagian belakang kepala hingga leher bagian atas, seolah-olah di sekeliling kepala hingga alis diikat erat topi yang kekecilan.

Jika hal itu terjadi, saatnya bangle dijadikan solusi. Ada baiknya menegtahui ciri fisiknya terlebih dahulu. Rimpang tumbuhan ini tidak berbeda jauh dengan rempah-rempah anggota famili zingiberaceae lainnya.

Tumbuhan yang memiliki nama latin Zingiber purpureum ini tumbuh di Asia mulai dari India hingga Indonesia. Di Jawa, tanaman ini dibudidayakan di pekarangan atau di tempat-tempat cukup terkena sinar matahari, mulai dari dari dataran rendah sampai tinggi. Herbal semusim berbentuk rumpun ini tingginya bisa mancapai dua meter.

Bangle digolongkan sebagai rempah-rempah yang memiliki khasiat obat. Hal ini disebabkan karena kandungan minyak asiri yang terdiri dari sineol dan pinen, dammar, pati, lemak, gom mineral, serta albuminoid. Khasiat rimpang ini dapat digunakan sebagai penghilang rasa sakit kepala.

Untuk membuatnya sebagai obat sakit kepala, mula-mula ambil satu buah rimpang yang telah dicuci bersih. Rimpang diparut dan tambah sedikit air sedikit sampai menjadi adonan seperti bubur, lalu dipakai sebagai pilis di dahi.

Alternatif lain dapat mengonsumsi produk Navita. Produk ini telah dikemas dalam bentuk kapsul, sehingga dapat dikonsumsi di mananpun. Untuk mempercepat penyembuhan dapat dikonsumsi dua kali sehari secara teratur hingga penyakitnya sembuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya