SOLOPOS.COM - Gerbang TPU Bulusari, Kelurahan Pandean, Kecamatan Taman, Kota Madiun, Rabu (17/6/2020). (Madiunpos.com-Abdul Jalil)

Solopos.com, MADIUN -- Proyek yang menyulap 20-an makam di Tempat Permakaman Umum atau TPU Bulusari, Pandean, Taman, Kota Madiun, menjadi jalan rupanya untuk kepentingan mengikuti lomba. Fakta itu menambah kekecewaan para ahli waris yang sama sekali tak diberi tahu.

Suparmi, warga Kelurahan Pandean, tidak menyangka kedatangannya ke TPU Bulusari pada Ramadan lalu berbuah kekesalan dan kekecewaan. Ia yang datang ke TPU yang berada di Kelurahan Pandean itu hendak berziarah dan mendoakan leluhurnya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sidang Sengketa 2 Kubu PSHT, Ribuan Aparat Dikerahkan di Madiun

Tetapi, bukan makam leluruh dan kerabatnya yang didapat, justru makam di TPU Bulusari Madiun itu sudah menjadi jalan beton. Ia kecewa karena sebelumnya tidak ada pemberitahuan kepada ahli waris terkait pembangunan jalan itu. Tiba-tiba sekitar 22 makam keluarganya berubah menjadi jalan.

Sedangkan nisan yang menjadi penanda makam hanya dipinggirkan seadanya. Momen sakral mengirim doa kepada leluhur saat itu pun berbuah kepedihan. Pasalnya, dia tidak tahu harus melaporkan hal itu kepada siapa.

Pembunuh Perempuan dalam Kardus Booking Korban Pakai Uang Kuliah

“Saya mau ziarah saat itu. Saya kaget makam keluarga kok sudah tertutup jalan. Saya bingung mau bertanya ke siapa,” ujar dia kepada wartawan. Berubahnya makam di TPU Bulusari Madiun menjadi jalan itu juga tak disangka-sangka oleh para ahli waris lainnya.

Tidak hanya itu, beberapa saudara Suparmi juga kaget saat melihat makam leluhurnya sudah menjadi jalan. Seperti juga Kasno yang kaget melihat makam keluarganya telah tertutup beton jalan. “Makam keluarga saya di sini semua, kok jadi jalan semuanya,” ujar dia.

Pelaku Tak Puas Diservis, Mayat Perempuan dalam Kardus Dibakar Pakai Kompor

Akhirnya Dibongkar

Namun, para ahli waris yang sempat protes atas pembangunan jalan di makam itu kini sudah sedikit lega. Ini karena pengelola makam telah membongkar jalan dan mengembalikan kondisi makam di TPU Bulusari Madiun menjadi seperti semula, Rabu (17/6/2020).

Pembangunan jalan di makam ini sebenarnya dipersiapkan untuk mengikuti kegiatan Lomba Kebersihan Makam tingkat Kota Madiun 2020. Lomba itu diselenggarakan Pemkot Madiun.

PPDB Online Jateng Dikomplain karena Ngadat, Ganjar: Masuknya Pelan-Pelan

Jalan di tengah TPU Bulusari Madiun yang awalnya hanya semeter disulap menjadi 2 meter dan tertata rapi dengan mengorbankan 22 makam. Pantauan Solopos.com di lokasi, Rabu pagi, jalan di area makam dari pintu masuk sampai ke ujung makam telah dicor. Lebar jalan tersebut kira-kira 2 meter.

Tetapi, di bagian kanan dan kiri jalan terlihat ada sejumlah makam yang kijingnya terpotong. Bahkan di beberapa bagian jalan terlihat samar-samar ada bekas bangunan makam yang dicor.

Mayat Perempuan dalam Kardus di Surabaya, Pelaku Tak Puas Pijat Plus-Plus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya