SOLOPOS.COM - UPACARA MELASTI DI SURABAYA

Nyepi 2015 akan disambut oleh segenap umat Hindu dengan ritual keagamaan Melasti.

Solopos.com, SOLO – Menyambut Hari Raya Nyepi Tahun 1937 Saka, yang jatuh pada Sabtu, 21 Maret 2015 mendatang, umat Hindu akan menjalani serangkaian upacara keagamaan. Salah satu ritual keagamaan dalam rangka menyambut Nyepi tersebut adalah Melasti.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dalam upacara keagamaan Melasti ini, ribuan pemeluk agama Hindu, baik dewasa ataupun anak-anak, akan mendatangi pantai secara bergerombol. Umat Hindu tersebut, mengenakan busana adat warna putih, untuk melakukan persembahyangan menjelangan Hari Raya Nyepi Tahun 1937 Saka, di 2015 ini.

Sebagaimana Solopos.com himpun dari berbagai sumber, Senin (23/2/2015), Melasti dilakukan pada dua hingga empat hari sebelum Hari Raya Nyepi. Upacara keagamaan ini merupakan ritual penyucian diri dan lingkungannya.

Sinergi Travel and Event Management
Graha Solo Raya Lantai 1
Jl. Slamet Riyadi No. 1 Solo, Jateng
Telp. 0271-5843678 atau 0271-2144388
HP. 085702686068
Fax. 0271-635936
www.solocitytravelguide.com
www.sinergievent.com
e-mail: sinergi_solo@yahoo.com
Marketing: www.solocitytravelguide.com

Melasti atau Melelasti merupakan simbol penghanyutan kotoran alam menggunakan sumber air kehidupan atau tista amerta. Dalam kepercayaan umat Hindu, sumber air yang dianggap sebagai tirta amerta adalah danau dan laut.

Maka, ketika menjelang Hari Raya Nyepi, akan didapati banyak umat Hindu yang datang di tepi pantai, untuk melakukan ritual Melasti. Setiap rombongan datang dengan membawa peranti peribadahan, seperti sajian, arca, pratima, dan pralingga yang dari pura untuk disucikan.

Kehikmatan upacara keagamaan Melasti yang digelar rutin setiap tahun, menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatwan. Banyak wisatawan yang turut menyaksikan kehikmatan peribadahan umat Hindu tersebut. [Baca : Rayakan Melasti, Umat Hindu Padati Pantai Kuta]

Pada peringatan Nyepi 2014 lalu, Solopos.com mewartakan perayaan Melasti di sejumlah tempat, seperti di Umbul Geneng, Klaten dan Pantai Kuta, Bali. Apabila Anda pencinta seni fotografi, momen Melasti ini menjadi sumber inspirasi menarik untuk tiap jepretan Anda. [Baca : Melasti di Umbul Geneng Diikuti Ribuan Umat Hindu

[Lihat juga: FOTO PERINGATAN NYEPI: Mengarak Ogoh-Ogoh dan Upacara Tawur Agung Kesanga]

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya