SOLOPOS.COM - Epice Restaurant Alila Solo. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Epice Restaurant Alila Solo memberikan kejutan kepada pecinta kuliner yang ingin menikmati menu-menu dengan cita rasa autentik.

Epice Restaurant merupakan restoran populer di Kota Solo, Jawa Tengah. Restoran di Alila Solo ini menyuguhkan nuansa modern Jawa dengan menyajikan olahan lokal dan Pan-Asia. Restoran tersebut menyajikan aneka menu bercita rasa rempah khas hingga hidangan internasional yang lezat.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Epice Restaurant berada di lobby level Alila Solo. Restoran tersebut merupakan all day dinning yang biasa digunakan untuk sarapan para tamu menginap ataupun berkunjung. Epice beroperasi mulai dari pukul 06.00 WIB-22.00 WIB setiap hari.

Tidak hanya menyediakan buffet pada waktu sarapan, Epice juga menyajikan berbagai pilihan menu spesial yang bisa dipesan secara terpisah.

Nah, kali ini Epice Restaurant memberikan kejutan untuk seluruh penyuka kuliner dengan mengeluarkan menu baru yang lebih autentik, di antaranya:

Baca Juga : Ini Rangkaian Acara The Great Journey Alila Solo Menuju 7th

1. Selat Solo

Hidangan khas Solo ini sudah memiliki tempat terbaik di masyarakat. Hidangan khas Solo ini mendapat pengaruh Eropa. Pada masa kolonial Hindia Belanda, penjajah Eropa membawa bahan-bahan dan teknik memasak.

Beberapa ningrat atau bangsawan Jawa kelas atas dan penduduk asli Jawa yang berpendidikan disuguhi masakan Eropa, seperti roti, keju dan bistik. Masakan ini disebut sebagai masakan berkelas kala itu. Lalu terjadi adopsi dan perpaduan masakan Eropa ke masakan Jawa lokal.

Hidangan Selat Solo terdiri dari daging tenderloin. Daging tersebut disajikan dengan saus yang terbuat dari cuka, kecap manis dan dibumbui dengan pala, bawang putih, biji ketumbar, jinten, dan lada hitam.

Selat Solo disajikan dengan telur rebus dan sayuran, seperti buncis, kentang, selada, lobak merah dan wortel. Epice melengkapi Selat Solo dengan irisan roti Prancis dan saus rouille, saus palm rempah, dan saus asam manis.

Baca Juga : Keren! Alila Solo OIah Sampah Makanan Jadi Permen hingga Keripik

Epice Restaurant Alila Solo
Epice Restaurant Alila Solo. (Istimewa)

2. Focaccia Rustica

Focaccia adalah roti yang memiliki tekstur seperti pizza. Roti ini berasal dari Roma Italia. Salah satu menu favorit di Epice Restoran ini berbentuk bulat, kadang persegi panjang, atau kotak.

Kali ini, Epice menyajikan roti Focaccia berbentuk bulat dan disajikan dengan irisan sayuran, labu, terong, bawang, tomat, keju mozzarella. Untuk menambah kelezatan, roti diolesi saus pesto, khas Italia. Penyajian menu favorit ini lebih lengkap karena disuguhkan dengan salat serta keripik buatan Epice Restauran.

3. Iga Bambu

Iga Bambu juga menjadi salah satu menu andalan Epice Restoran. Iga Bambu diolah dengan cara direbus dan dimasak perlahan dalam santan yang telah dibumbui. Epice menggunakan bumbu dengan campuran rempah-rempah.

Baca Juga : Liburan Keluarga di Alila Solo, Ada Camping sampai Berkebun

Iga dimasak hingga kecokelatan dan empuk. Menu ini menjadi khas karena proses memasak menggunakan bambu sehingga memunculkan cita rasa tradisional dan presentasi unik layaknya masakan di rumah.

Semua bahan terdiri dari iga sapi yang telah diolah itu dimasukkan ke bambu bersama dengan daun singkong, jantung pisang, dan semua rempah rempah. Kemudian dipanggang menggunakan arang kayu sehingga menonjolkan cita rasa asli masakan tradisional Sulawesi Selatan.

4. Jagung Bassang

Jagung Bassang merupakan salah satu makanan penutup andalan Epice Restoran yang wajib dicoba. Jagung yang hanya bisa tumbuh di Makassar Sulawesi Selatan ini dijadikan bahan dasar makanan penutup ini.

Makanan khas Sulawesi ini biasanya disajikan dengan kuah santan kental yang manis dan gula kelapa cair. Seiring waktu berjalan, Jagung Bassang disajikan dengan ditambah berbagai bahan lain, seperti nangka, mangga, sorbet, dan buah-buahan lain.

Baca Juga : Alila Solo Hadirkan Sajian Autentik 4 Negara Selama Ramadan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya